Seberapa Pentingkah Kalsium Untuk Tubuh?

Loading...

sumber kalsiumMakanan sumber kalsium

Kalsium adalah sebuah mineral lembut berwarna abu-abu yang dapat dalam tubuh manusia. Kalsium diperlukan untuk bertahan hidup. Sayangnya kebanyakan dari mereka yang melakukan diet tidak disertai dengan makanan yang mengandung kalsium.

Kalsium sangat diperlukan oleh tubuh kita. Hal ini dapat membuat otot lebih berkembang,  membentuk dan memperkuat tulang dan gigi, melakukan impuls saraf seluruh tubuh, pembekuan darah, mempertahankan detak jantung agar tetap normal, serta proses penting lainnya.

Sebarapa banyak kalsium yang dibutuhkan tubuh Anda? Untuk pria dan wanita dari usia 18-50 tahun harus mengkonsumsi sekitar 1000 mg kalsium per hari. Untuk yang berusia muda sampai 18 tahun dianjurkan 1300 mg per hari karena masih dalam tahap perkembangan tulang dan gigi. Untuk usia di atas 50 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi kalori sekitar 1200 mg kalsium per hari.

Anda dapat menemukan sumber kalsium bukan hanya pada susu tetapi juga pada brokoli, sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan seperti kacang almond, biji wijen, kubis cina, jeruk dan makanan kaya kalsium lainnya.

READ:  Makanan Kaya Kalsium untuk Wanita Menopause

Saat Anda melakukan diet tanpa pemenuhan kalsium sesuai dengan aturan yang ditetapkan maka kalsium yang ada pada tulang akan menghilang. Tubuh akan mengambil kalsium dari tulang karena tidak adanya tambahan asupan kalsium yang dikonsumsi selama diet. Jika terjadi secara terus menerus maka tubuh akan kekurangan kalsium.

Kekurangan kalsium juga akan membuat tulang lebih rapuh, kepadatan dari tulang akan menurun sehingga dapat membuat Anda terkena osteoporosis lebih dini. Karena itu sangat penting untuk kita mengkonsumsi kalsium yang akan menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda.

(foto: worldoffemale.com)