Tips dan Cara Mengatasi Cegukan

Loading...

tips mengatasi cegukanMengatasi cegukan

Cegukan memang biasanya hanya terjadi dalam waktu yang tidak lama. Meskipun begitu ada beberapa kasus istimewa di mana cegukan berlangsung selama berhari-hari atau bahkan selama berminggu-minggu. Tentu akan sangat mengganggu.

Kami berbagi informasi tips dan cara mengatasi cegukan, baik dari segi pengobatan dokter maupun mencoba pengobatan alternatif.

Perawatan Cegukan

Sebagian besar kasus cegukan akan hilang sendiri tanpa harus menggunakan obat-obatan ataupun perawatan medis. Namun jika harus menggunakan obat-obatan, berikut daftar obat yang bisa Anda coba:

– Klorpromazin, diklasifikasikan sebagai antipsikotik.
– Metoclopramide (Reglan), obat anti-mual.
– Baclofen (Lioresal), relaksan otot.

Bedah dan Prosedur Lainnya

Jika perawatan invasif tidak efektif, dokter mungkin menyarankan suntikan anestesi untuk memblokir saraf frenikus untuk menghentikan cegukan.

Pilihan lain adalah dengan pembedahan untuk menanamkan perangkat yang dioperasikan dengan baterai untuk memberikan stimulasi listrik ringan sampai saraf vagus Anda. Prosedur ini paling sering digunakan untuk mengobati epilepsi, tetapi juga membantu mengendalikan cegukan terus-menerus.

Ketika akan melakukan pemeriksaan, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap reflex, kekuatan otot, tonus otot, indra penglihatan dan peraba, serta keseimbangan. Namun jika dokter mencurigai cegukan yang terjadi karena suatu alasan medis maka akan dilakukan pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan tes darah.

READ:  Penyebab Cegukan dan Cara Menghilangkannya

Untuk pemeriksaan anatomi yang bisa mempengaruhi saraf vagus akan dilakuakn tes terhadap dada (dengan menggunakan sinar X), CT Scan, dan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Sedangkan jika melakukan tes endoskopi maka tenggorokan Anda akan dimasukkan sebuah kamera kecil untuk memeriksa masalah yang terjadi pada tenggorokan.

Gaya Hidup dan Alternatif Pengobatan

Meskipun tidak ada cara jitu untuk menghentikan cegukan, jika Anda mengalami cegukan yang berlangsung lebih dari beberapa menit, alternatif cara menghentikan cegukan yang bisa Anda coba antara lain:

Bernapas di dalam kantong kertas (paper bag)
Berkumur dengan air es
Tahan napas.
Minum air dingin

Pengobatan Alternatif Lainnya

Ketika cegukan jangka panjang tidak merespon pengobatan lain, pengobatan alternatif, seperti hipnosis dan akupunktur dapat membantu.

Pencegahan Cegukan

Anda mungkin dapat menurunkan frekuensi cegukan jangka pendek dengan menghindari pemicu cegukan yang umum, seperti:
1. Makan makanan terlalu banyak dan cepat.
2. Minum minuman berkarbonasi atau alkohol
3. Perubahan suhu yang mendadak.

Jika dengan cara alami tidak dapat mengatasi cegukan Anda, mungkin sudah saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter. Siapa tahu cegukan yang Anda alami merupakan gejala medis yang serius.

READ:  Untuk Wanita Hamil Perokok, Vitamin C Dapat Membantu Melindungi Bayi

(photo: health.detik.com )