Manfaat Kesehatan Ginseng Bagi Wanita

Loading...

manfaat akar ginsengAkar ginseng

Manfaat ginseng bagi wanita tidak dapat diabaikan dalam dunia modern sekarang ini. Telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati segala macam gangguan dan merupakan obat herbal yang sangat populer. Ia sering diambil dalam bentuk kapsul atau sebagai teh.

Ginseng merupakan ramuan yang digunakan secara luas, khususnya dalam pengobatan Cina. Muncul dalam tiga varietas – Amerika, Asia dan Siberia.

Varietas Amerika dikenal sebagai ginseng “pendingin”. Varietas Asia juga dikenal sebagai ginseng merah. Merupakan jenis yang lebih kuat dan lebih menghangatkan dan memberi energi. Ginseng Siberia berasal dari keluarga yang sama dengan varietas Amerika dan Asia, tetapi bukan benar-benar ginseng.

Berikut adalah manfaat kesehatan ginseng bagi wanita, dikutip dari herbal-treatment-remedies.com:

Mengatur menstruasi dan PMS

Ginseng memiliki kualitas penyeimbang hormon yang bermanfaat bagi wanita di tahap awal menopause, karena mengatur produksi estrogen dari indung telur. Ginseng dianjurkan bagi mereka yang menderita hot flash (perasaan panas demam tiba-tiba, biasanya merupakan gejala menopause) karena kualitas ‘pendinginan’nya.

READ:  Mengenali Penyembuhan Depresi dan Sisa Gejalanya

Sifat anti-penuaan

Sejumlah krim kulit saat ini memasukkan ginseng dalam daftar bahan mereka. Ginseng memiliki efek toning pada kulit dan dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit.

Meningkatkan libido

Wanita sering menemukan bahwa libido mereka berkurang selama menopause, dan ginseng dapat membantu untuk merangsang hormon yang mengatur ini. Pria telah menggunakan ginseng selama bertahun-tahun untuk memerangi masalah yang sama.

Melawan pilek dan infeksi

Satu lagi manfaat ginseng bagi wanita adalah kemampuan luar biasa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu untuk menangkal pilek dan menyembuhkan ketika infeksi muncul.

Meningkatkan energi dan stamina

Banyak yang menggunakan ginseng untuk meningkatkan energi dan stamina. Ginseng dapat merangsang aliran darah dan dapat digunakan untuk memerangi kelelahan dan meningkatkan prestasi olahraga. Jika Anda mengambilnya untuk alasan ini, tidak dianjurkan untuk diberikan pada malam hari, karena dapat mengganggu tidur.

Memerangi kehilangan memori

Penyimpangan dalam memori bisa sangat menyedihkan dan ini bisa menjadi gejala menopause. Menggunakan ginseng dalam kombinasi dengan herbal lain dapat membantu mempertajam fokus mental dan mencegah penyimpangan ini.

READ:  Migrain, Lebih dari Sekedar Sakit Kepala

Menurunkan berat badan

Ginseng dapat membantu mengatur gula darah, yang pada gilirannya mengurangi jumlah karbohidrat yang disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

Meskipun ada banyak manfaat ginseng bagi wanita, namun ada juga sejumlah efek samping, konsultasilah dengan dokter sebelum menggunakannya. Efek samping bisa termasuk tekanan darah tinggi, insomnia, sakit kepala, dan agitasi.

(foto: foxnews.com )