Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

Loading...

perokokPerokok

Meskipun sudah ada larangan tentang bahaya merokok namun kebiasaan ini susah dihilangkan apalagi buat yang sudah kecanduan dengan rokok. Berhenti merokok adalah hal yang paling sulit dilakukan oleh pecandu berat rokok.

Tidak mudah memang untuk menjadi perokok pasif namun tidak ada salahnya untuk mencoba tips berikut bila Anda benar – benar ingin berhenti merokok.

Niat/motivasi

Sebelum Anda memutuskan untuk berhenti merokok, tanyakan kepada hati anda apa alasan, niat atau motivasi untuk berhenti merokok. Apakah Anda takut dengan kondisi paru – paru yang semakin memburuk, dilarang pacar atau orangtua atau alasan kesehatan?

Alasan berhenti merokok harus spesifik sehingga ketika tergoda oleh tawaran teman Anda bisa menolak karena motivasi tersebut.

Lakukan secara bertahap

Berhenti merokok tidak bisa dilakukan secara instan, butuh proses dan bertahap. Anda tidak bisa langsung berhenti begitu saja karena godaan untuk merokok biasanya datang dari teman atau kondisi yang membuat Anda untuk menghisap rokok.

Lakukanlah secara bertahap dan rutin misalnya jika sehari bisa menghabiskan sebungkus rokok maka kurangi menjadi 5 atau 6 batang per hari. Kemudian kurangi menjadi 2 batang sampai tidak merokok sama sekali.

READ:  Vitamin E Dapat Menyokong Jantung Bekas Perokok

Olahraga teratur

Olahraga teratur bisa mengurangi kebiasaan merokok dan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Olahraga ringan seperti lari pagi bisa membantu Anda untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok.

Menguyah permen atau cemilan

Mengunyah permen atau cemilan bisa digunakan sebacai pengganti rokok. Waktu – waktu favorit merokok biasanya setelah makan, menunggu seseorang atau ketika berkumpul bersama teman – teman.

Tundalah keinginan merokok dengan mengunyah permen atau makan cemilan. Ada beberapa permen yang justru memancing keinginan untuk menghisap rokok seperti permen mint. Hindari memakan permen tersebut.

 (foto: statik.tempo.co)