7 Langkah Menghemat Daya Baterai Laptop

Loading...

tips menghemat baterai laptopMenghemat baterai laptop

Baterai laptop adalah salah satu bagian paling penting dalam urusan bekerja di depan komputer. Baterai ini sangat berguna bila pekerjaan Anda selalu menuntut untuk berpindah-pindah kemana saja. Sebenarnya laptop tanpa baterai juga sebenarnya bisa menyala. Asalkan ada charger-an dan arus listrik.

Penggunaan laptop setiap saat secara perlahan akan mengakibatkan kualitas dari baterai laptop Anda menurun. Banyak ditemukan kasus baterai laptop yang drop secara drastis. Ada juga mereka yang tahu memelihara baterai laptop sehingga bisa digunakan bertahun-tahun.

Penurunan kinerja baterai laptop Anda adalah sebuah hal wajar. Meskipun demikian, Anda harus tetap menjaga dan merawatnya dengan baik. Agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Untuk itu, beberapa tips berikut ini patut Anda coba untuk bisa menghemat dan memaksimalkan daya tahan baterai laptop Anda.

Kecerahan Layar

Brightness/tingkat kecerahan yang terlalu kuat pada tampilan layar laptop Anda akan menguras daya dari baterai. Bila masih memungkinkan, turunkan saja tingkat kecerahannya hingga pada settingan paling bawah. Sehingga konsumsi daya dari baterai Anda tidak cepat terkuras. Selain menghemat pemakaian, mata Anda juga tidak akan cepat perih akibat radiasi dari layarnya.

READ:  Spesifikasi ASUS ROG CG8480 Tytan

Matikan Backlight Keyboard

Beberapa laptop menyediakan fasilitas lampu kecil sebagai penerangan pada bagian keyboardnya. Dengan maksud memberikan kemudahan dalam memencet tombol keyboard saat cahaya kurang atau sedang tidak memungkinkan untuk mengetik karena gelap. Untuk menghemat baterai Anda, matikan saja lampu ini bila memamg tidak terlalu diperlukan. Apalagi kalau laptop Anda dalam status On Batterai.

Matikan WiFi dan Bluetooth

Jika tidak sedang membutuhkan dua perangkat di atas, lebih baik matikan saja. Secara fasilitas WiFi dan Bluetooth jika masih On akan selalu berusaha mencari, apakah ada jaringan atau tidak. Dengan demikian, baterai pun akan bertambah bebannya jika tidak dimatikan. Untuk itu lebih baik dimatikan saja.

Matikan Aplikasi Lain

Kebanyakan orang tidak menyadari kalau penggunaan aplikasi yang terlalu banyak berakibat pada daya baterai laptop yang terkuras secara cepat. Aplikasi yang berjalan dalam laptop Anda akan membutuhkan sedikit kinerja dari processor dan harddisk Anda. Penambahan kinerja berhubungan dengan konsumsi daya lebih dari baterai.

Power Saving

Setiap laptop pasti selalu dipasangkan fasilitas Power Saving Mode. Sebuah fasilitas yang secara otomatis berfungsi ketika laptop tidak dihubungkan dengan chargerannya. Disarankan untuk Anda menggunakan fasilitas ini agar laptop Anda mengkalkulasi mana saja fitur yang bisa dinonaktifkan untuk bisa menghemat pemakaian daya baterai. Dengan demikian penggunaan baterai laptop Anda bisa tahan lama.

READ:  FlipSide Case Untuk iPhone

Gunakan Fitur Sleep Mode

Salah satu kelebihan laptop adalah adanya fitur Sleep Mode. Jika Anda tidak menggunakan atau tidak ada aktifitas pada laptop selang beberapa menit, maka otimatis ia akan berubah ke fasilitas ini untuk menghemat pemakaian baterai. Ditandai dengan layar yang tiba-tiba mati seperti mematikan kompuer.

Membatasi Pemakaian Port USB dan DVD Drive

Dua perangkat ini memang terlihat biasa saja. Padahal bila digunakan, konsumsi dayanya juga cukup banyak. Coba saja perhatikan flashdisk atau harddisk eksternal yang dicolok.

Benda-benda seperti itu akan menggunakan daya dari baterai Anda untuk bisa diakses. Semakin besar kapasitasnya, artinya semakin besar pula konsumsi daya yang diperlukan. DVD Drive juga seperti itu. Untuk bisa memutar optik di dalamnya, dibutuhkan arus listrik dari baterai.

 (photo: prlog.org)