Cara Mengecek Kanker Kulit di Tubuh Anda

Loading...

mengecek kanker kulitDeteksi dini kanker kulit

Kanker kulit saat ini telah menjadi momok yang menakutkan. Penderitanya berasal dari berbagai negara, baik berkulit putih, kuning, maupun hitam. Biasanya orang yang sering terpapar sinar ultra violet akan beresiko besar terkena kanker kulit. Untuk mengetahui apakah Anda terkena kanker kulit atau tidak, Anda tidak perlu ke dokter.

Berikut ini cara mengecek kanker kulit di tubuh Anda.

Kenali Berbagai Macam Tanda di Kulit

Sangat penting mengenali berbagai tanda di kulit Anda untuk mengenali gejala adanya kanker kulit atau tidak.

  1. Sel Kanker Basal. Sering ditemukan pada area kulit yang sering terkena matahari, seperti leher, kepala, dan lengan. Ciri-cirinya adalah : bisa berupa tonjolan kemerahan atau tanpa tonjolan tapi merah menyebar. Mudah berdarah jika terbentur sesuatu. Urat dapat terlihat dengan jelas.
  2. Sel kanker Skuamosa. Sama dengan sel kanker basal, Sering ditemukan pada area kulit yang sering terkena matahari, seperti leher, kepala, dan lengan. Ciri-cirinya adalah : benjolan yang kasar dan bersisik.
  3. Aktinik Keratosis. Ciri-cirinya: Bintik-bintik kasar yang kecil (berukuran kurang dari 1/4 inchi). Warnanya merah atau merah muda. Biasanya terdapat pada wajah, lengan, dan belakang telinga.
  4. Melanoma. Yaitu tahi lalat yang berubah ukuran dan bentuk. Misal, yang tadinya berbentuk simetris menjadi asimetris. Yang tadinya bentuknya tetap, jadi semakin menyebar dan membesar.
READ:  Tamoxifen Untuk Pengobatan Kanker Payudara

Ada Tanda Peringatan yang Lain

Tidak semua tanda kanker kulit seperti yang dijelaskan di atas. Ada juga tanda yang di luar kebiasaan.

  1. Munculnya titik atau bercak baru yang tidak kunjung sembuh selama 2-3 bulan.
  2. Pigmen yang awalnya berupa titik menjadi terus menyebar.
  3. Pembengkakan yang semakin menjalar.
  4. Perubahan sensasi rasa pada kulit, bisa berupa gatal, sakit atau panas.
  5. Tahi lalat yang terus membesar.

Demikian cara mengecek kanker kulit di tubuh Anda. Jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan pada kulit Anda, jangan tunggu lebih lama, segera konsultasikan dengan dokter. Akan lebih baik bila mengetahui gejala kanker lebih awal, sehingga dapat ditangani sedini mungkin. Semoga bermanfaat.

(foto: kabarsore.com )