Manfaat dan Efek Samping Asam Alfa Lipoat

Loading...

manfaat brokoliBrokoli, sumber alami Asam Alfa Lipoat

Asam alfa lipoat merupakan antioksidan yang terdapat dalam banyak makanan, dan ia dibuat secara alami dalam tubuh kita. Selama bertahun-tahun, dosis tinggi suplemen asam alfa lipoat telah digunakan di beberapa bagian Eropa untuk beberapa jenis kerusakan saraf.

Studi menunjukkan bahwa mereka juga dapat membantu dengan diabetes tipe 2, seperti yang kami lansir dari webMD.

Manfaat Asam Alfa Lipoat

Ada bukti kuat bahwa suplemen asam alfa lipoat membantu dengan diabetes tipe 2. Beberapa studi telah menemukan bahwa mereka dapat meningkatkan resistensi insulin. Studi juga menemukan bahwa suplemen asam alfa lipoat dapat membantu dengan neuropati – kerusakan saraf – yang disebabkan oleh diabetes atau pengobatan kanker.

Mereka tampaknya mengurangi gejala seperti nyeri, kesemutan, dan menusuk-nusuk di kaki. Hal ini juga dapat membantu melindungi retina dari beberapa kerusakan yang dapat terjadi pada penderita diabetes.

Meskipun penggunaannya menjanjikan, diabetes dan kanker jelas membutuhkan perawatan medis yang tepat. Jadi jangan manjakan diri Anda sendiri dengan suplemen. Sebaliknya, tanyakan dokter Anda jika asam alfa lipoat dapat membantu.

READ:  6 Manfaat Sehat dari Jus Merah, Cranberry

Ada beberapa bukti dini bahwa penggunaan jangka panjang dari asam alfa lipoat dapat membantu dengan gejala demensia. Studi lain menunjukkan bahwa krim asam alfa lipoat dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit yang berhubungan dengan penuaan. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

Asam alfa lipoat juga telah diteliti sebagai pengobatan untuk banyak kondisi lain. Ini termasuk keracunan jamur Amanita, glaukoma, penyakit ginjal, migrain, dan penyakit arteri perifer. Sejauh ini, bukti tersebut tidak jelas.

Dosis Asam Alfa Lipoat

Karena asam alfa lipoat adalah pengobatan yang belum terbukti, tidak ada dosis yang ditetapkan. Namun, penelitian telah menggunakan antara 600-1,200 miligram setiap hari untuk diabetes dan neuropati.

Satu review menyimpulkan bahwa bukti yang meyakinkan untuk penggunaan 600 miligram setiap hari selama tiga minggu pada gejala neuropati diabetes. Beberapa penelitian telah menggunakan asam alfa lipoat intravena dan bukannya suplemen oral.

Sumber Alami Asam Alfa Lipoat

Banyak makanan mengandung asam alfa lipoat dalam jumlah yang sangat rendah. Mereka termasuk bayam, brokoli, ubi, kentang, ragi, tomat, wortel, bit, dan bekatul. Daging merah – dan khususnya daging organ – juga merupakan sumber asam alfa lipoat.

READ:  Mengenal Euthanasia, Dari Jenis Hingga Etika

Resiko dan Efek Samping Asam Alfa Lipoat

Efek samping. Umumnya, efek samping jarang terjadi. Suplemen ini bisa menyebabkan mual, pusing, atau ruam. Asam alfa lipoat topikal dapat menyebabkan iritasi kulit.

Resiko. Karena asam alfa lipoat dapat menurunkan gula darah, cek dengan dokter sebelum menggunakannya jika Anda memiliki diabetes. Dokter mungkin ingin menguji kadar glukosa Anda secara teratur saat Anda menggunakan suplemen asam alfa lipoat.

Jika Anda memiliki masalah tiroid, kekurangan tiamin, atau masalah medis lainnya, bicarakan dengan dokter sebelum Anda mulai mengambil suplemen asam alfa lipoat.

Interaksi. Jika Anda mengambil obat-obatan atau suplemen secara teratur, konsultasi dengan dokter sebelum Anda mulai menggunakan asam alfa lipoat. Orang dengan diabetes harus berhati-hati.

Menggunakannya bersama dengan obat diabetes bisa membuat kadar gula darah turun terlalu rendah. Asam alfa lipoat dapat menurunkan efek obat kemoterapi. Hal ini juga bisa berinteraksi dengan antibiotik, anti-inflamasi, penenang, vasodilator, dan obat-obatan untuk osteoarthritis.

(foto: stayscented.com)