Tips dan Cara Memilih Pengasuh Anak

Loading...

Tips memilih pengasuh anakMemilih pengasuh anak

Jika Anda merupakan seorang yang sibuk tapi memiliki anak, mungkin salah satu solusi agar anak Anda ada yang menjaga dan mengawasi adalah dengan mempekerjakan pengasuh anak. Namun dengan begitu banyaknya kasus kekerasan yang dialami oleh anak yang disebabkan oleh pengasuhnya, mungkin sedikit banyak itu membuat Anda merasa khawatir bahkan takut.

Untuk itu, baca terus artikel berikut ini yang akan menguraikan beberapa tips bagaimana cara memilih pengasuh anak.

1. Gambarkan Kriteria Anda.

Buatlah daftar kriteria apa saja yang harus dipenuhi oleh calon pengasuh anak Anda. Misalnya, dia harus memiliki sertifikat lulus pelatihan mengurus anak atau berusia di atas 22 tahun, karena biasanya orang tua akan merasa sedikit tenang ketika meninggalkan anak mereka dengan orang yang sudah dewasa karena lebih bertanggung jawab.

2. Cari Tahu.

Cari tahu atau selidiki di mana rumah calon pengasuh anak Anda dan bagaimana lingkungan disekitar rumahnya. Kalau perlu tanya tetangga calon pengasuh anak bagaimana sikap dan kepribadian calon pengasuh ketika bergaul dengan tetangga di sekitarnya.

READ:  6 Tips Mendekorasi Kamar Bayi

Rekomendasi dari orang terdekat memang baik, karena itu berarti orang tersebut telah mengetahui pengasuh seperti apa yang Anda butuhkan. Namun, tetap saja tak ada salahnya untuk tetap mencari tahu, hanya berjaga-jaga jika suatu yang buruk terjadi jadi kita tahu ke mana harus mencarinya.

3. Cari Secara Online.

Jika tidak ada yang merekomendasikan secara pribadi, cari tahu melalui internet. Cari melalui situs yang terpercaya dan telah memiliki atau setidaknya telah direview dan memiliki testimoni yang baik dari beberapa orang yang pernah menggunakan jasa pencarian pengasuh situs tersebut.

4. Wawancara.

Jika Anda telah membaca resume atau CV dari calon pengasuh Anak dan menganggap beberapa di antaranya memenuhi persyaratan yang Anda ajukan, tahap selanjutnya adalah mewawancara secara langsung dengan memberikan beberapa pertanyaan. Perhatikan bagaimana mereka menjawab.

5. Minta Pendapat Anak Anda.

Bertanyalah pada anak Anda apa mereka merasa nyaman dengan pengasuh mereka yang baru. Apakah mereka diperlakukan dengan baik oleh pengasuh mereka.

Jika iya, berarti Anda bisa tenang meninggalkan anak Anda dengan pengasuhnya. Namun, misalnya anak masih bayi, perhatikan apakah anak Anda memiliki perubahan tingkah laku ketika mereka bersama pengasuhnya.

READ:  Tips Agar Anak Tidak Berebut Mainan

**

Demikianlah 5 tips dan cara memilih pengasuh anak Anda. Pengasuh anak yang baik dan terpercaya akan membuat Anda merasa tenang saat meninggalkan rumah untuk bekerja. Jadi, jangan sampai salah pilih!

(foto: santarosamom.com)