Migrain, Penyebab dan Cara Menghindarinya

Loading...

penyebab migrainMigrain pada wanita

Anda pernah mengalami sakit kepala? Mungkin setiap orang pernah merasakannya. Bagaimana dengan migrain? Belum tentu semua orang pernah merasakan sakit kepala yang sangat mengganggu ini.

Migraina dalah rasa sakit kepala yang kadang disertai mual, muntah dan sangat sensitif terhadap cahaya membuat orang yang terserang migrain menjadi sangat terganggu aktifitasnya.

Migrain menyerang setengah bagian kepala bahkan bagi yang sudah akut hingga mencapai seluruh kepala, dengan mengalami aura bentuk gangguan pada mata seperti pandangan kabur dan melihat bintang atau garis berliku yang sangat mengganggu.

Migrain menyerang orang yang berusia 1- hingga 46 tahun. Jika migrain tidak menyerang, mereka yang sering terkena migrain bisa melanjutkan aktifitas seperti biasa.

Hanya saja jika migrain datang maka mobilitas akan sangat berkurang karena kondisi yang sangat tidak mengenakkan. Pada umumnya migrain menyerang wanita namun pada pria juga ada beberapa kasus.

Migrain jarang terjadi pada wanita hamil, karena hormon kehamilan membuat perasaan rileks dan dapat menurunkan resiko migrain.

READ:  3 Kiat Awet Muda untuk Pria

Namun kondisi sebaliknya malah bisa saja terjadi pada mereka yang dahulunya tidak pernah migrain, menjadi terserang migrain saat hamil. Cukup redakan dengan obat khusus migrain yang aman bagi ibu hamil atau bisa konsultasikan dengan dokter kandungan anda.

Jika anda rentan terserang migrain, biasakan mengkonsumsi jenis makanan dan melakukan kebiasaan baik berikut:

  1. Makanan yang mengandung niacin seperti ragi, gandum, tomat, kacang, hati dan ikan
  2. Oleskan parutan kulit lemon di dahi agar rasa sakit kepala berkurang
  3. Minum jus wortel, jus bayam dan jus mentimun
  4. Istirahat minimal 6-8jam sehari
  5. Jangan berpuasa dulu
  6. Jangan meminum obat sakit kepala analgesik
  7. Cukup konsumsi aspirin atau paracetamol, kecuali anak-anak di bawah 12 tahun, jangan konsumsi aspirin, cukup paracetamol.

Migrain sebenarnya disebabkan oleh serat sel saraf sekitar pembuluh darah yang terlalu sensitif, bukan seperti diagnosa terdahulu yang menyatakan migrain disebabkan pelebaran pembuluh arteri di tulang tengkorak.

Terlalu sensitifnya serat syarat tersebut maka orang tersebut akan gampang terserang migrain jika terlalu stres dan terkena cahaya berlebihan.

READ:  7 Cara Alami Untuk Detoksifikasi Tubuh

Untuk itu hindari beberapa kemungkinan penyebab migrain datang menyerang :

  1. Cuaca. Pastikan anda berada di tempat atau daerah dengan cuaca yang stabil, jika berubah-ubah maka migrain akan segera muncul.
  2. Orang yang biasa stres di hari kerja akan merasakan migrain di hari libur kerjanya. Kebiasaan ini sering terjadi.
  3. Jangan tidur terlalu lama, karena migrain sangat rentan terjadi jika jadwal tidur berantakan. Pastikan jadwal tidur anda tetap dan tidak terlalu lama.
  4. Jangan minum kopi, karena akan memperparah sakit kepala hingga berjam-jam.
  5. Stres memicu turunnya magnesium dalam darah. Segera ke dokter dan minum suplemen penambah magnesium jika migrain anda terindikasi karena kurang magnesium.
  6. Alergi gluten, seperti di sereal, gandum dan roti. Jika anda terserang migrain setelah mengkonsumsi makanan ini, maka anda alergi gluten dan migrain anda kemungkinan besar disebabkan alergi gluten tersebut.
  7. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Pada beberapa kasus migrain juga disebabkan naiknya atau turunnya gula darah yang disebabkan kondisi kandungan karbohidrat dalam tubuh.
READ:  7 Makanan Untuk Mengurangi Migrain

Demikianlah penyebab terjadinya migrain dan cara menghindarinya. Biasakan untuk menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan bergizi , minum air putih dan istirahat yang cukup.

(foto:  sheknows.com)