Manfaat Buah dan Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Loading...

manfaat sirsakDaun dan buah sirsak

Banyak yang telah meyakini bahwa daun sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya bagi penderita diabetes. Karena itulah beberapa ahli akhirnya melakukan penelitian untuk mengungkap kebenaran dari khasiat daun sirsak.

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa daun sirsak mengandung berbagai senyawa termasuk: protein, fruktosa, lemak, kalsium, vitamin A dan B, asam amino, asam askorbat (vitamin C), karbohidrat, serat, zat besi, niasin, fosfor, riboflavin dan tiamin dan banyak lagi.

Bagi penderita diabetes, bisa mengkonsumsi teh daun sirsak atau daun sirsak yang langsung direbus. Minuman ini bisa membantu menjaga kestabilan gula darah agar berada dikisaran normal (70mg sampai dengan 120mg/ dL).

Senyawa asetogenin juga diyakini bisa bermanfaat bagi penderita kanker karena bisa memperlambat penyebaran sel kanker.

Daun sirsak juga bisa menenangkan sar af serta meredakan nyeri. Getah daunnya atau daging buah sirsak bisa langsung digunakan secara topikal untuk menyingkirkan eksim, ruam kulit dan mengurangi pembengkakan.

Selain itu, pengaplikasian secara topikal mempercepat proses penyembuhan luka serta mencegah terjadinya infeksi.

READ:  7 Gerakan Tubuh di Pagi Hari yang Membakar Semangat

Vitamin C dalam sirsak adalah vitamin antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi seperti infeksi saluran kemih, batuk dan pilek. Riboflavin yang terkandung dalam daun sirsak membantu meredakan sakit kepala.

Tiamin membantu meningkatkan energi. Jus sirsak bekerja dengan baik untuk membantu proses penyembuhan gangguan hati. Hal ini juga mengurangi peradangan uretra dan dengan demikian dapat menurunkan gejala seperti nyeri saat buang air kecil.

Teh sirsak digunakan untuk mengobati penyakit kandung empedu. Ekstrak yang diperoleh dari daun dan batang digunakan secara efektif untuk melawan sel-sel kanker.

Selain itu, konsumsi sirsak dapat bermanfaat karena tidak memberikan efek samping. Tekstur daging sirsak yang berserat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Ternyata banyak manfaat kesehatan dari buah dan daun sirsak. Semoga bermanfaat.

(foto: artikeldaninformasi.com)