Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Mengenali Ciri-cirinya

Loading...

Kanker-PayudaraDeteksi dini kanker payudara

Siapa yang tidak takut terkena kanker payudara? Tidak akan ada yang mau terkena penyakit apapun apalagi kanker payudara yang mematikan.

Penyakit kanker payudara ini merupakan penyakit yang dominan menyerang perempuan namun juga bisa menyerang laki-laki. Kanker payudara adalah jenis penyakit dengan penderita terbesar ke dua di dunia dengan presentase kematian terbesar kelima di dunia. Sangat mengerikan.

Gejala awal dari adanya kanker payudara biasanya berupa benjolan yang tidak lazim di daerah sekitar payudara, yang jika di tekan atau di raba tidak ada rasa sakit.

Jika gejala ringan ini dibiarkan, maka akan menjadi semakin membesar dan akan mengganggu peyudara anda karena akan menimbulkan kelainan pada puting dan payudara.

Agar terhindar dari penyakit mengerikan ini sebaiknya diketahui gejala awal kanker payudara:

1. Adanya benjolan di payudara, namun berubah-ubah ukuran dan bentuknya
2. Warna kulit payudara menjadi lain dan seperti bersisik
3. Puting susu akan tertarik kedalam bahkan salah satu bisa lepas dan hilang
4. Jika benjolan atau tumor membesar akan mulai terasa nyeri namun masih hilang timbul
5. Kulit payudara terasa panas seperti terbakar
6. Mulai mengeluarkan cairan seperti darah atau nanah.

READ:  Resolusi Hidup Sehat di Tahun 2014

Pastikan tidak ada luka borok atau ulkus di payudara anda. Borok ini jika dibiarkan akan membesar dan akan menghancurkan seluruh jaringan payudara anda. Kemudian akan mulai keluar nanah dan berbau busuk. Hal ini berarti anda sudah terkena kanker payudara.

Intinya agar terhindar dari kanker payudara selalu lakukan pemeriksaan rutin pada payudara anda. Identifikasi apakah ada benjolan, pembengkakan, adakah rasa nyeri di puting, atau adanya pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak, karena hal ini seharusnya tidak terjadi pada payudara yang normal dan sehat.

Selain itu pastikan apakah ada keluar cairan bening selain air susu tentunya jika anda menyusui. Atau jika anda tidak sedang menyusui, pastikan apakah ada cairan lain yang keluar seperti darah, nanah atau cairan bening.  Jika ada segera bawa ke dokter untuk segera dideteksi sebelum menjadi lebih parah.

Selanjutnya pastikan puting anda normal tidak tenggelam atau bahkan hilang, hal ini sebagai identifikasi adanya sel tumor yang menekan puting susu sehingga tenggelam karena terdesak.

READ:  8 Cara Menjaga Perut Tetap Bersih

Biasanya kanker payudara hanya terjadi di satu sisi payudara saja, kanan atau kiri saja. Jadi anda bisa mendeteksi dengan membandingkan kedua payudara anda, karena sel tumor akan terasa tidak simetris dan tidak terdapat di kedua sisi payudara.

(foto: dewong.com)