Manfaat Tomat Untuk Kulit Sehat dan Bebas Jerawat

Loading...

manfaat tomatManfaat tomat

Tidak hanya rasanya yang besar, tomat juga menjaga kulit sehat. Tomat mengandung lycopen, yang merupakan antioksidan dan karenanya bekerja sebagai tabir surya dari dalam. Antioksidan ini membantu dalam memerangi kerusakan sel dan kemerahan pada kulit.

Dianjurkan untuk memiliki minimal 16 miligram lycopen per hari karena mereka mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh dan juga membantu untuk mempertahankan kelembaban bagi mereka yang terbiasa berada di lingkungan berpendingin.

Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk perawatan kosmetik mahal jika Anda mengikuti langkah-langkah sederhana berikut, dikutip dari Times of India:

1. Pori-pori besar? Kecilkan!

Pori-pori besar memberikan akses mudah bagi kotoran, sehingga meningkatkan kemungkinannya menginfeksi pori-pori. Ambil satu sendok makan jus tomat segar. Tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar.

Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran ini pada wajah Anda. Pijat dalam gerakan melingkar. Biarkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Aplikasi secara teratur akan mengecilkan pori-pori.

2. Menyembuhkan jerawat

Keasaman dalam tomat membantu mengurangi dan membersihkan jerawat Anda. Vitamin A dan vitamin C biasanya ditemukan dalam banyak obat jerawat dan tomat kaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin K.

READ:  Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Kulit

Jika Anda memiliki jerawat ringan, potong tomat menjadi dua dan terapkan di wajah Anda. Untuk jerawat parah, tumbuk tomat segar dan gunakan sebagai masker pada wajah. Biarkan selama satu jam. Bilas lalu beri pelembab. Lakukan ini secara teratur atau sebanyak yang Anda bisa. Jerawat Anda akan kering dengan segera.

3. Astringent

Jika Anda memiliki kulit berminyak dan berusaha untuk menjaganya dari kilap, tomat adalah solusinya.

Hancurkan tomat segar dan saring. Buat jus mentimun kecil dan tambahkan ke dalam jus tomat. Terapkan jus ini dengan bola kapas setiap hari untuk mengontrol minyak berlebihan dan jerawat.

4. Sehat untuk dimakan, Baik untuk membersihkan

Masker tomat dan alpukat bekerja baik pada kulit kombinasi. Hal ini karena tomat bekerja sebagai astringent dan agen pereduksi minyak dan komedo, sementara alpukat memiliki efek antiseptik dan pelembab.

Tomat dan alpukat tumbuk membantu dalam menenangkan dan membersihkan kulit kombinasi (berminyak dan kering), karena mereka kaya akan vitamin A, C dan E. Terapkan dan bersihkan setelah 20 sampai 30 menit dengan air hangat.

READ:  Manfaat, Efek Samping, dan Cara Bijak Mengonsumsi Kacang Mede

**

Demikianlah 4 manfaat tomat untuk kulit sehat dan bebas jerawat. Merawat kulit menggunakan bahan alami akan meminimalkan efek samping dan menghilangkan resiko pemakaian bahan kimia yang belum tentu cocok untuk kulit. Dengan demikian, kulit akan sehat dan berseri. Selamat mencoba.

(foto: theshiksa.com )