Tips dan Cara Membuat Shampo Sendiri

Loading...

tips membuat shampoShampo

Shampo adalah produk yang digunakan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Beberapa produk shampo sering kali menggunakan bahan kimia dan wewangian untuk membuat rambut lebih harum.

Bahan kimia yang digunakan dalam shampo pun sering kali tidak cocok untuk beberapa jenis rambut dan kulit kepala sehingga dapat menyebabkan masalah rambut seperti alergi pada kulit kepala atau ketombe. Karena itu untuk beberapa orang lebih memilih untuk membuat shampo sendiri yang dapat dengan mudah dibuat dari pada harus membelinya di toko atau swalayan.

Berikut cara membuat shampo yang dapat Anda lakukan di rumah.

Bahan :

2 gelas air hasil penyulingan
½ sendok makan soapwart
2 sendok makan tanaman sejenis mint

Cara Membuat :

1. Didihkan 2 gelas air hasil penyulingan.

2. Tambahkan 1/5 sendok makan soapwart yang telah dihancurkan sampai ke akarnya lalu masukkan ke dalam air dan tunggu sampai mendidih selama 20 menit. Anda dapat menemukan soapwart di toko kesehatan.

3. Setelah itu, jika air sudah dalam keadaan hangat atau panasnya sudah mulai hilang Anda dapat tambahkan 2 sendok makan catnip dan 2 sendok makan lemon verbena.

4. Dinginkan campuran tersebut kemudian buang sisa dari tumbuhan dan ambil airnya. Anda dapat menggunakan saringan. Tuangkan shampo kedalam botol.

READ:  3 Rempah Terbaik untuk Hidup Lebih Lama

Tips: Anda dapat mengunakan tepung kanji untuk perawatan rambut yang terlalu berminyak. Hentikan pemakaian jika terjadi alergi pada kulit kepala Anda.

**

Demikianlah tips dan cara membuat shampo sendiri. Keuntungan dari membuat shampo sendiri adalah Anda dapat meminimalkan penggunaan bahan kimia dan wewangian sehingga rambut menjadi lebih sehat. Selamat mencoba.

(foto: idiva.com)