Arginin, Manfaatnya Bagi Jantung dan Efek Samping

Loading...

Makanan kaya argininMakanan kaya arginin

Ada banyak obat baru yang kuat, yang dapat membantu mencegah dan mengobati masalah kesehatan kronis. Tapi kita juga tahu bahwa nutrisi tertentu juga dapat membantu. Mengambil arginin, misalnya. Arginin telah mendapat banyak perhatian karena manfaatnya bagi jantung.

Defisiensi arginin jarang terjadi. Ia melimpah dalam berbagai jenis makanan, dan tubuh Anda juga bisa membuatnya. Makanan kaya arginin termasuk daging merah, ikan, unggas, gandum, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan produk susu.

Tapi apa yang arginin lakukan untuk jantung, dan adakah potensi efek sampingnya? Baca terus artikel berikut, dilansir dari webMD.

Mengapa kita membutuhkan arginin?

Arginin, juga dikenal sebagai L-arginin, yang terlibat dalam sejumlah fungsi yang berbeda dalam tubuh, di antaranya:

– Penyembuhan luka
– Membantu ginjal mengeluarkan produk sisa dari tubuh
– Mempertahankan fungsi kekebalan tubuh dan hormon

Sebagai suplemen makanan alami, arginin telah menarik perhatian karena kemungkinan manfaatnya bagi jantung.

Apa manfaat arginin bagi jantung?

Di dalam tubuh, asam amino arginin berubah menjadi oksida nitrat (NO). Oksida nitrat adalah neurotransmitter kuat yang membantu pembuluh darah rileks dan juga meningkatkan sirkulasi.

READ:  Rheumatoid Arthritis dan Kesehatan Jantung

Beberapa bukti menunjukkan bahwa arginin dapat membantu meningkatkan aliran darah dalam arteri jantung. Itu mungkin memperbaiki gejala penyumbatan arteri, nyeri dada atau angina, dan penyakit arteri koroner.

Namun, saat ini ada data tentang bagaimana penggunaan jangka panjang arginin mempengaruhi kolesterol atau kesehatan jantung. Karena arginin dapat membantu arteri rileks dan meningkatkan aliran darah, ia mungkin juga membantu disfungsi ereksi.

Ada manfaat kesehatan potensial lain dari arginin, seperti kemungkinan penurunan tekanan darah pada beberapa orang dan meningkatkan jarak jalan pada pasien dengan kram kaki intermiten dan kelemahan yang dikenal sebagai klaudikasio intermiten. Namun, studi ilmiah tidak cukup meyakinkan bagi para ahli untuk membuat rekomendasi kuat.

Tidak semua studi tentang arginin memberikan hasil positif. Sebuah studi pada tahun 2006 menunjukkan bahwa arginin tidak membantu – dan mungkin berbahaya – untuk mengobati serangan jantung dalam kombinasinya dengan pengobatan standar.

Apakah suplemen arginin aman?

Dalam uji klinis, arginin telah digunakan secara aman dengan efek samping ringan sampai tiga bulan. Kemungkinan efek samping termasuk rasa sakit perut dan kembung, diare, dan asam urat. Hal ini juga dapat menyebabkan memburuknya pernapasan pada orang dengan asma.

READ:  4 Cara Sederhana Cegah Penyakit Jantung

Arginin dapat berinteraksi dengan obat tertentu yang menurunkan tekanan darah. Ia juga dapat berinteraksi dengan obat jantung tertentu dan obat-obatan seperti Viagra yang mengobati disfungsi ereksi.

Wanita hamil dan menyusui tidak seharusnya mengambil suplemen tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter.

Berapa banyak arginin yang dibutuhkan setiap hari?

Tidak ada jumlah harian yang ditetapkan untuk arginin karena tubuh manusia biasanya membuatnya dalam jumlah memadai.

(foto: braintordigitallibrary.wordpress.com )