Ini Dia 4 Penyakit Yang Timbul Akibat Begadang

Loading...

begadangBegadang hingga larut malam

Pola tidur yang baik dapat membuat tubuh Anda menjadi sehat daripada harus melakukan diet atau olah raga.

Penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation  menyatakan sekitar 43 persen orang Amerika yang berumur 13 sampai 64 tahun memiliki pola tidur yang kurang saat malam hari.

Anda disarankan untuk tidur selama 7-8 jam sehari. Menurut hasil studi yang dilakukan oleh akademisi di UK and Italia, kurang tidur dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan bahkan kematian.

Kurang tidur dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti obesitas, diabetes, depresi dan masalah hati. Berikut ulasannya.

Obesitas

Dilakukan penelitian terhadap 10.000 remaja untuk mengetahui apa hubungan antara begadang dan obesitas.

Hasil penelitian menyatakan untuk mereka yang berumur antara 32 dan 49 tahun akan mengalami tidur kurang dari 7 jam perhari dan lebih besar kemungkinannya untuk mengalami obesitas.

Begadang dapat membuat produksi hormone Ghrelin dan Leptin  yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan, sehingga Anda akan merasa lapar saat malam hari saat lewat jam 12 malam.

READ:  Yuk, Buat Sendiri Toner Wajah Anda!

Suasana Hati Yang Kacau

Kurang tidur dapat membuat Anda menjadi cepat marah, tidak sabar, tidak mampu berkonsentrasi, perubahan mood bahkan depresi.

Kurang tidur juga akan meningkatkan level kortison yaitu hormon stres pada tubuh, sehingga menyebabkan stres dan rasa gelisah.

Ingatan

Pelajar atau mahasiswa sering belajar saat dini hari karena merasa akan lebih baik dan siap untuk menjalani ujian saat pagi hari, tetapi sebenarnya hal ini tidak berpengaruh.

Saat Anda tidur, otak secara tidak langsung bekerja menghapus memori yang Anda lakukan sepanjang hari. Proses ini akan menahan informasi yang disebut dengan penggabungan ingatan.

Tidur kurang lebih 6 jam akan mengacaukan ingatan dan membuat Anda sulit untuk mengingatnya. Waktu yang tepat untuk Anda belajar yaitu saat Anda sudah memiliki waktu yang cukup untuk tidur.

Kekebalan Tubuh

Begadang akan menghilangkan kekebalan untuk fungsi tubuh Anda sehingga memungkinkan Anda untuk terserang flu bahkan kanker.

Tidur yang kurang dari 6 jam dapat menurunkan produksi darah putih yang berguna untuk melawan penyakit.

READ:  5 Rahasia Tidur Berkualitas

Selain itu, kurang tidur dapat menyebabkan darah tinggi dan stres sehingga memungkinkan untuk terkena penyakit stroke atau serangan jantung.

**

Demikianlah 4 penyakit yang timbul akibat begadang. Selain itu, begadang juga akan menyebabkan Anda lemas sepanjang hari, kurang bersemangat dalam beraktivitas dan mengakibatkan perubahan metabolisme tubuh. Yuk, biasakan mulai hidup secara sehat 🙂

 (foto: corebloggers.com )