Pentingnya Penuhi Kebutuhan Kalsium bagi Ibu Hamil

Loading...

kalsium ibu hamilPemenuhan kebutuhan kalsium ibu hamil

Kalsium memang dibutuhkan di tubuh manusia karena sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi.

Kebutuhan kalsium akan berkali lipat lebih banyak pada ibu hamil. Di samping membantu perkembangan tulang dan gigi si ibu, juga akan mempengaruhi pertumbuhan tulang dan gigi janinnya.

Selain itu kalsium juga berfungsi membantu kondisi jantung agar tetap sehat sehingga dapat membantu perkembangan syaraf dan otot bayi. Kalsium juga sangat baik dalam membantu proses pembekuan darah jika terjadi luka.

Bagi ibu hamil yang kekurangan kalsium bisa berdampak janin akan terpaksa menarik kandungan kalsium dari tulang ibu sehingga ibu menjadi rentan terkena resiko osteoporosis.

Jika umur ibu hamil di atas 18 tahun, konsumsi kalsium harus mencukupi  minimal 1000 mg perhari  dan 1300 mg perhari jika ibu hamil mengandung di usia di bawah 18 tahun.

Banyaknya wanita hamil yang kadang tidak terlalu memperhatikan kebutuhan dan kecukupan kalsium di tubuh mereka semasa kehamilan akan sangat berpengaruh pada perkembangan janinya. Anda setidaknya butuh 4 kali lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium jika dibandingkan dengan saat tidak sedang hamil.

READ:  Apa Sajakah Manfaat Kesehatan Asparagus?

Konsumsi kalsium yang cukup harus dimulai sejak awal kehamilan, semasa kehamilan dan setelah bayi dilahirkan.

Masa menyusui juga membutuhkan kalsium yang lebih hingga bayi anda berhenti menyusu. Karena mineral kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk memperkuat tulang dan mencegah pengikisan tulang atau osteopporosis pada masa depan anda.

Kalsium banyak terkandung di makanan seperti susu, kedelai, susu kedelai, yogurt, keju dan masih banyak lagi. Bayi akan mengambil stok kalsium yang dikonsumsi ibu sejak di dalam kandungan untuk membentuk sel-sel dan pembentukan tulangnya.

Meskipun ibu kurang mengkonsumsi kalsium, si janin tetap akan mencukupkan kebutuhan kalsiumnya dengan mengambil cadangan kalsium di tulang si ibu. Oleh karena itu dibutuhkan kalsium yang lebih bagi ibu hamil agar kalsium tulangnya tetap tercukupi dan kalsium janinnya juga tercukupi.

Biasanya gejala kekurangan kalsium akan terdeteksi jika kondisi tekanan darah ibu tinggi. Ini adalah indikasi si ibu kekurangan kalsium sehingga dibutuhkan suplemen penambah kalsium khusus ibu hamil.

Namun penambahan suplemen kalsium ini masih menjadi perdebatan. Beberapa dokter mengatakan jumlah kalsium yang dikonsumsi ibu dari makanan sehari-harinya saja sudah mencukupi kebutuhan 1000 mg perhari ibu hamil. Hal ini dimungkinkan jika si ibu cukup mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi seperti susu, keju, daging, ikan dan mentega.

READ:  5 Potongan Rambut Sederhana Untuk Rambut Panjang

(foto: lactamilmama.com)