Khasiat Daun Pandan untuk Kecantikan dan Kesehatan

Loading...

daun pandanDaun pandan

Siapa yang tidak kenal dengan daun pandan? Daun beraroma wangi berwarna hijau ini sangat akrab dengan ibu-ibu dan dapur.

Karena sangat lazim digunakan dalam menambah kelezatan makanan seperti penambah cita rasa makanan tertentu. Bahkan daun pandan juga digunakan sebagai salah satu komoditi bisnis yaitu sebagai bahan dasar pembuat esens makanan rasa pandan.

Namun selain sebagai penambah rasa dan aroma untuk bahan makanan, pandan juga sangat bermanfaat bagi dunia kesehatan dan kecantikan.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun pandan antara lain:

1. Sebagai obat lemah syahwat bagi para lelaki. Cukup dengan memotong kecil-kecil 3 lembar daun pandan, rebus dengan 3 gelas air dan sisakan 2 gelas air. Minumlah selagi hangat.

2. Untuk mengurangi stres karena gelisah dan tidak tenang. Cukup menyeduh daun pandan segar dengan air hangat dan diminum perlahan.

3. Untuk mengobati rematik. Cukup dengan 3 lembar daun pandan, ditambah dengan 20 daun selai segar, ditumbuk halus dan tambahkan 1 sendok minyak kayu putih dan gandapura. Oleskan pada bagian rematik seperti tangan dan kaki.

READ:  8 Bahan Alami untuk Perawatan Kulit Anda

4. Untuk mencegah uban, mempercepat tumbuh rambut dan mencegah timbulnya uban. Daun pandan yang sudah ditumbuk, bisa dioleskan ke kulit kepala agar akar rambut lebih kuat dan sehat sehingga uban akan lebih lambat munculnya.

5. Untuk mencegah rambut rontok. 10 lembar daun waru, segenggam urang aring, 5 lembar daun mangkokan dan selembar daun pandan, 10 kuntum melati dan sekuntuk mawar.

Tambahkan minyak wijen, minyak kelapa, minyak kemiri, dipanaskan hingga mendidih. Saring dan oleskan minyak tersebut ke kulit kepala dengan pijatan ringan.

6. Untuk mencegah ketombe. Dengan 7 lembar daun pandan, giling, tambahkan air bessih setengah gelas, peras dan saring. Oleskan ke kulit kepala dan biarkan mengering, lalu bilas dengan air bersih.

7. Untuk mengobati darah tinggi, cukup dengan meminum air rebusan daun pandan rutin setiap pagi dan sore, minum disaat hangat.

Daun pandan sebenarnya bukan hanya pandan wangi saja, ada beberapa jenis daun pandan yang ada di bumi ini seperti pandan laut, pandan duri, pandan buah merah, pandan melintir dan pandan putih.

READ:  Osteoporosis Pada Pria

(foto: faeizt.wordpress.com)