Tips Memasang Sendiri Bagasi Tambahan di Atap Mobil

Loading...

bagasi tambahan roof boxBagasi tambahan roof box

Anda hendak melakukan perjalanan jauh bersama keluarga. Semua barang sudah dipersiapkan. Namun ternyata bagasi di belakang mobil tidak cukup untuk memuat semuanya. Kondisi ini bisa membuat aktifitas Anda terganggu tentunya.

Solusi yang bisa dipakai adalah memangkas barang bawaan atau bisa juga menambahkan bagasi di atas mobil.

Penambahan bagasi di atas mobil dikenal dengan nama Roof Box. Bagasi seperti ini tidak semua mobil bisa menggunakannya. Hanya yang memiliki pegangan di atasnya yang bisa ditambahkan bagasi.

Memasang roof box tidak selalu harus dibawa ke bengkel. Di rumah pun Anda bisa melakukannya bersama rekan atau anak. Asalkan pemasangannya akurat dan sesuai dengan aturannya.

Roof box biasanya terbuat dari aluminium yang kuat dan ringan. Jika Anda hendak menambahkan bagasi ini, berikut beberapa tips panduan yang bisa Anda jadikan rujukan dalam memasang roof box dengan baik dan benar.

Langkah Pertama – Memasang roof rack

Ada dua komponen dalam memasang bagasi seperti ini, yaitu roof rack dan roof box. Pemasangan pertama adalah roof rack harus yang memiliki penjepit di bagian samping.

READ:  Kenali Kerusakan Motor Anda dari Asapnya

Di pasaran ada dua jenis ada roof rack dan ada roof rail. Bedanya, roof rail tidak memiliki penjepit di bagian samping, sedang roof rack ada. Roof rack selalu disertai dengan buku pedoman pemasangan.

Mulailah dengan memasang roof rack di atap mobil dan disusul dengan pemasangan pengikat smaping. Semua bagian harus disambungkan pada mobil dengan baik dan benar

Langkah Kedua – Mengatur posisi roof rack

Jika roof rack sudah terpasang kuat di atas, berikutnya adalah mengatur posisinya tepat di bagian tengah mobil. Kesalahan dalam pengaturan posisi ini bisa berakibat fatal saat di perjalanan nantinya.

Jangan sampai posisinya terlalu ke samping sehingga bisa tumpah saat memasuki belokan tajam. Inilah gunanya penempatannya di tengah agar mobil yang membawa roof box bisa stabil saat melaju.

Langkah Ketiga – Memasang roof box

Setelah rangka dari roof rack telah selesai, dilanjutkan dengan pemasangan bagasinya atau roof box tepat di atasnya. Letak box juga harus memerlukan ketelitian dalam pemasangan.

READ:  Bagaimana Cara Menyamarkan Baret Pada Cat Kendaraan?

Letaknya harus di tengah dan jarak antara kiri kanan harus pas. Jika Anda sudah yakin dengan posisinya, eratkan pengikat antara roof rack dan roof box.

Memasukkan muatan dalam bagasi atap tidak seperti bagasi belakang. Keseimbangan adalah kunci utama kenyamanan dan keselamatan Anda berkendara.

Ada dua yang wajib diperhatikan: muatan dalam bagasi atas tidak boleh melebihi kapasitas box dan penempatannya harus berimbang dengan posisi mobil, tidak boleh berat sebelah.

**

Demikianlah 3 langkah mudah memasang sendiri bagasi tambahan di atap mobil. Jika Anda sudah yakin dengan semua langkah-langkah dan persyaratan di atas, berarti perjalanan bersama keluarga siap untuk Anda jalani.

(foto: carbox.co.uk)