6 Nilai Moral Yang Harus Diajarkan Pada Anak

Loading...

mendidik anakMendidik anak

Sebagai orang tua, pemahaman tentang nilai dan moral merupakan hal utama yang harus Anda ajarkan pada anak.

Ini merupakan hal berat karena moral bukan suatu hal yang dapat Anda ajarkan melalui buku. Hanya pengalaman dan nasehat yang dapat membuat anak Anda mengerti tentang semuanya.

Berikut hal yang dapat Anda ajarkan pada anak agar menjadi pribadi yang lebih baik nantinya.

1. Jangan Berbohong

Salah satu hal penting yang harus diajarkan pada anak yaitu jangan berbohong. Beritahukan pada anak Anda bahwa kejujuran merupakan hal kecil tetapi sangat berharga.

Jelaskan juga bahwa mungkin kebohongan adalah suatu hal yang sangat mudah dilakukan tetapi akan mendapat ganjaran nantinya.

2. Jangan Mencuri.

Mengajarkan anak Anda untuk tidak mencuri adalah salah satu nilai dasar. Anak Anda harusnya tahu bahwa mencuri adalah sebuah kejahatan yang dapat merusak moral. Meskipun hanya sebuah pensil.

Pastikan untuk menjelaskan bahwa mencuri akan mendapatkan hukuman yang sangat berat.

3. Meminta Maaf Saat Melakukan Kesalahan.

Meminta maaf bukan hanya termasuk dalam moral tetapi awal dari sebuah etika yang harus diketahui semua anak. Anda harus mengajarkan anak Anda bahwa meminta maaf sangat penting.

READ:  Tips Menghentikan Kecanduan TV pada Anak

Meminta maaf bukan hanya mengakui kesalahan saat salah  atau saat tidak menepati janji, tetapi juga untuk menerima maaf dan membayar kesalahan mereka.

Sangat penting untuk mengajarkan mereka tentang hal tersebut karena akan membentuknya menjadi orang yang rendah hati.

4. Suka Menolong dan Rendah Hati.

Dermawan dan suka menolong dapat dilakukan anak Anda sejak kecil hingga saat mereka dewasa dan telah memiliki penghasilan sendiri.

Jika anak Anda melihat Anda menolong orang di sekitar maka hal tersebut secara tidak langsung akan menginspirasinya untuk melakukan hal yang sama.

Ini adalah salah satu hal yang lebih baik Anda ajarkan pada anak dengan mencontohkan daripada mengajarnya melalui buku bacaan atau media lainnya.

5. Mengetahui Yang Baik dan Benar.

Kebijaksanaan adalah salah satu kunci yang harus diajarkan pada anak Anda baik melalui ucapan atau tingkah laku.

Ajarkan anak Anda dan berikan mereka pengalaman untuk lebih membantu sehingga saat bersosialisasi mereka akan mengetahui apa yang salah dan benar serta mengetahui arti salah dan benar.

READ:  Tips Sukses Mengatasi Pertengkaran Bagi Pasangan

Mungkin di usia muda mereka belum sepenuhnya mengerti tetapi lebih baik untuk diajarkan lebih dini dan terus dikembangkan hingga mereka dewasa.

6. Jangan Pernah Menyakiti Orang Lain.

Ini salah satu hal yang juga penting untuk Anda ajarkan pada anak. Jelaskan pada anak Anda apa yang akan terjadi saat menyakiti seseorang dan hal apa saja yang tergolong menyakiti seseorang.

Mereka harus mengetahui bahwa menyakiti seseorang merupakan suatu hal yang buruk. Berikan peringatan bahwa saat mereka menyakiti seseorang, mereka harus meminta maaf .

**

Demikianlah 6 nilai moral yang harus diajarkan pada anak. Anak-anak tumbuh dan berkembang dengan mencontoh lingkungan dan keluarganya. Karena itu,  berikanlah contoh nilai-nilai moral yang baik.

(foto: news.com.au)