Tips dan Cara Melembutkan Mentega

Loading...

melembutkan mentegaMentega

Saat ini banyak resep yang mensyaratkan pemakaian mentega yang lembut, atau istilahnya “mentega suhu kamar”. Kenapa harus mentega lembut? Kan mentega yang keras juga nanti hancur setelah diaduk?

Ternyata tidak seperti itu kenyataannya. Mentega yang lembut akan tercampur sempurna dengan bahan-bahan lainnya dalam adonan.

Biasanya cara untuk mendapatkan mentega yang lembut adalah dengan membiarkan mentega terbuka selama berjam-jam. Tentu hal ini sangat menyita waktu. Apalagi jika Anda membutuhkan mentega lembut sesegera mungkin.

Berikut ini tips dan cara melembutkan mentega.

1. Panaskan Air

Letakkan panci sup di atas kompor, kemudian isi dengan 2/3 air. Panaskan dengan suhu sekitar 190 derajat Fahrenheit (88 derajat Celsius). Sebelum mendidih, yaitu ketika mulai ada busa-busa dari dasar panci naik ke atas, matikan kompor. Angkat panci sup dan letakkan di meja dapur.

2. Letakkan Mentega

Siapkan mangkuk yang berukuran lebih besar dari diameter panci. Kemudian letakkan mentega di atas mangkuk itu.

3. Diamkan Beberapa Saat

Diamkan mentega beberapa saat di dalam mangkuk. Tetapi jangan terlalu lama, karena mentega bukan lembut lagi, malah bisa jadi mencair. Untuk itu, Anda harus sering memeriksa keadaan mentega tersebut. Jika sudah terasa lembut, cepatlah diangkat.

READ:  Cara Membuat Omelet Panggang yang Praktis dan Enak!

Demikian tips dan cara melembutkan mentega. Semoga bermanfaat.

(foto:  Shutterstock image)