Tips Merawat Kuku

Loading...

Bagaimana Merawat KukuMerawat Kuku

Tangan yang indah merupakan aset bagi seorang wanita. Seorang wanita akan cenderung menghias kukunya dengan cat kuku agar terlihat lebih menarik. Namun, cat kuku bisa saja membuat kuku tidak sehat dan merusaknya. Simak tips berikut yang akan membahas tentang bagaimana cara merawat kuku dengan baik yang dikutip dari magforwomen berikut ini:

1. Jaga Kuku Agar Tetap Bersih

Ini adalah langkah paling utama dan terpenting agar kuku tetap indah. Bersihkan kotoran yang menempel di kuku secara berkala. Kuku yang sehat akan nampak bersinar dan halus.

2. Jangan ‘Menyiksa’ Kuku

Jangan menggigit kuku Anda! selain kuku Anda menjadi rusak, orang yang melihatnya pun bisa menjadi jijik dan menganggap Anda orang yang jorok.

3. Manicure dan Pedicure

Perawatan kuku sebaiknya diserahkan pada yang lebih professional dan lebih paham bila Anda masih belum paham benar bagaimana merawat kuku dengan benar. Selain itu, dengan manicure dan pedicure, para professional akan memberikan perawatan yang cocok yang dibutuhkan oleh kuku Anda.

READ:  9 Bahan Alami untuk Merawat Kesehatan Kuku

4. Merawat Kutikula

Merawat kutikula adalah salah satu aspek yang paling penting dari perawatan kuku karena kutikula kuku melindungi Anda dari infeksi. Untuk merawat kutikula, semua yang perlu Anda lakukan adalah memijat mereka dengan minyak kutikula berkualitas baik. Dengan cara ini, peredaran darah di kuku menjadi lancar dan kukupun menjadi lebih sehat.

5. Hindari Aceton

Aceton adalah racun bagi kuku Anda! Aceton biasa terkandung di cairan penghilang cat kuku. Aceton dapat membuat kuku kering karena menghilangkan kelembaban alami kuku sehingga kuku bisa rusak.

6. Pakai Pelembab Kuku

Bila kuku Anda rapuh dan kering, pakailah pelembab. Memang jarang ditemukan pelembab khusus untuk kuku. Sering-seringlah menggunakan Hand Cream agar tangan dan kuku Anda tetap sehat.

7. Pakai ‘Base Coat’

Bila Anda gemar menggunakan atau mewarna kuku dengan menggunakan cat, pakai ‘base coat‘ di kuku sebelum Anda memoleskan cat kuku. Hal ini mencegah agar kuku tidak gampang rusak karena cat tidak akan langsung masuk ke sela-sela kuku.

READ:  5 Manfaat Kopi untuk Kecantikan

8. Kenakan Sepatu Yang Tepat

Mengenakan sepatu yang tepat juga merupakan aturan penting untuk kuku yang sempurna. Kuku kaki Anda harus selalu nyaman dengan sepatu Anda. Memakai sepatu yang nyaman juga menjaga agar kuku tidak terjepit dan membuat pertumbuhan kuku terhambat.

9. Makan Makanan Yang Bergizi

Ini penting karena bagaimanapun kuku juga merupakan bagian dan tubuh Anda yang membutuhkan nutrisi. Makanan yang bergizi akan membuat kuku Anda tumbuh dengan sehat sehingga kelembaban alaminya tetap terjaga dan kuku tidak kering. Dan jangan lupa air putih!

(photo: beautythroughstrength.com)