Cara Terbaik Menata Teras Rumah Lebih Asri dan Hidup

Loading...

tanaman teras rumah Tanaman teras rumah

Desain rumah khususnya rumah minimalis dan mungil menyisakan teras yang tidak terlalu besar untuk penghuninya. Alhasil hanya kursi dan meja diletakkan sebagai pengisinya. Padahal di setiap rumah harusnya ada bagian yang hijau nan asri sebagai media bersantai sekeluarga.

Nyamannya sebuah teras juga berpengaruh pada penampilan sebuah rumah dan bagaimana pandangan orang luar. Jadi jangan disepelekan.

Salah satu trik membuat teras Anda lebih hidup adalah menyulapnya dengan meletakkan tanaman-tanaman pot. Namun bukan hanya sekedar diletakkan dalam pot saja. Ada banyak sisi yang harus Anda perhatikan.

Hj. Titi Gondhokusumo, seorang praktisi interior dan eksterior berpendapat bahwa menata teras itu mengikuti bentuk bangunannya. Perabot pelengkap teras jangan terlalu norak, cukup yang sederhana. Intinya adalah membuat suasana indah, asri, dan lebih hidup.

Tidak semua tanaman bisa diletakkan di teras Anda. Hanya mereka yang bersifat indoor yang bagus dipajang. Maksudnya, tanaman-tanaman yang tidak perlu terkena sinar matahari secara langsung. Ada banyak tanaman jenis ini. Anda bisa menemukannya di toko-toko penjual tanaman.

READ:  Cara Hemat Merenovasi Rumah Minimalis

Tanaman penghias teras ada baiknya diletakkan dalam pot. Bilamana depan teras Anda tidak ada lahan untuk ditanami. Pemilihan potnya juga jangan norak, seperti pendapat dari praktisi di atas.

Variasikan jenis potnya mulai dari besar hingga kecil. Cukup sesuaikan dengan luas teras. Apabila teras luas, Anda boleh mencoba variasi tadi. Tetapi bila teras kecil, cukup pakai pot-pot kecil saja.

Membuat teras lebih hidup dengan hadirnya tanaman bukan berarti pot dan tanaman harus banyak. Perhatikan juga bagaimana aktifitas di rumah Anda nantinya. Intinya dekorasi tanaman tidak boleh mengganggu.

Dari sisi kebersihan, ada beberapa hal yang patut diingat. Kebersihan teras, daun-daunnya, dan penggunaan potnya. Soal kebersihan teras dan daun-daunnya pasti Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Kecuali pot, kebersihannya ada dua yaitu: warnanya apakah serasi dengan yang lainnya dan juga kebersihan pot dari lumut. Anda bisa menggunakan trik mantel pot, sehingga tampak luar pot selalu terkesan bersih.

Dikarenakan debu yang sering beterbangan karena aktifitas membersihkan rumah, daun-daun pada teras rumah Anda juga butuh dibersihkan. Ada dua trik dalam membersihkan daun. Pertama yaitu menyiramnya dengan air agar debunya tersapu dan kedua daunnya bisa dilap satu-persatu minimal seminggu sekali. Tergantung bagaimana baiknya untuk Anda.

READ:  6 Tips Mendekorasi Ulang Kamar Mandi

Pembersihan daun perlu dilakukan untuk menampilkan kesan cantik dan mengkilap pada daun. Jika hijau terang pasti mata lebih nyaman memandang.

Indahnya teras rumah yang asri dan lebih hidup adalah cerminan bagaimana kehidupan keluarga di dalam rumah tersebut. Meski hanya sebuah rumah mungil, tapi jika terasnya bagus dan nyaman tentunya tamu juga akan senang berkunjung ke rumah Anda.

(foto: homeizea.com)