Mengenali 5 Gejala Awal Kehamilan

Loading...

ciri-ciri-orang-hamilApa saja ciri-ciri awal kehamilan?

Apakah anda hamil? Buktikan dengan tes kehamilan. Tetapi bahkan sebelum Anda melewatkan periode menstruasi, Anda mungkin sudah menduga – atau berharap – bahwa anda sedang hamil. Bagi beberapa wanita, gejala awal kehamilan dimulai dalam beberapa minggu pertama setelah konsepsi.

Dilansir dari Mayo Clinic, selain terlambat menstruasi, gejala awal kehamilan mungkin termasuk:

1. Mual dengan atau tanpa muntah

Morning sickness, yang bisa menyerang setiap saat, siang atau malam hari, kadang-kadang dimulai sedari tiga minggu setelah pembuahan.

Mual tampaknya timbul setidaknya sebagai bagian dari meningkatnya kadar estrogen dan progesteron dengan cepat, yang menyebabkan perut kosong lebih lambat.

Ibu hamil juga dikenal lebih sensitif terhadap bau, sehingga berbagai bau – seperti makanan, parfum atau asap rokok – dapat menyebabkan gelombang rasa mual di awal kehamilan.

2. Payudara membengkak, melunak

Payudara Anda mungkin menunjukkan salah satu gejala pertama kehamilan. Pada awal dua sampai tiga minggu setelah pembuahan, perubahan hormonal bisa membuat payudara Anda melunak, geli atau sakit.

READ:  Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Hamil

Atau payudara Anda mungkin merasa lebih penuh dan lebih berat.

3. Lebih sering buang air kecil

Anda mungkin menemukan diri Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya, terutama pada malam hari.

4. Kelelahan

Kelelahan juga berada pada deretan atas di antara gejala awal kehamilan. Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron melambung – yang dapat menempatkan Anda untuk tidur.

Pada saat yang sama, semakin rendah tingkat gula darah, semakin rendah tekanan darah dan produksi darah yang meningkat mungkin melemahkan energi Anda.

5. Menghindari atau mengidam makanan tertentu

Bila Anda sedang hamil, Anda mungkin menemukan diri Anda menaikkan hidung Anda pada makanan tertentu, seperti kopi atau gorengan. Mengidam makanan juga biasa.

Seperti kebanyakan gejala lain dari kehamilan, keinginan untuk makan makanan tertentu ini bisa diakibatkan oleh perubahan hormon – terutama pada trimester pertama, ketika perubahan hormonal terjadi paling dramatis.

**

Demikianlah 5 gejala awal kehamilan. Kenali tanda dan gejalanya. Jika Anda merasa mengalaminya, pastikan dengan alat tes kehamilan dan jangan lupa konsultasi dengan dokter kandungan untuk menjaga kehamilan Anda tetap sehat.

READ:  Waspada Mengonsumsi Parasetamol Pada Masa Kehamilan

(foto: portal22.net )