Tips dan Cara Mengajarkan Bayi Berjalan

Loading...

bayi berjalanBayi belajar jalan

Salah satu hal yang paling menyenangkan ketika memiliki anak adalah melihatnya bertumbuh besar. Bahkan tak jarang banyak orang tua yang mengabadikan momen tersebut dalam bentuk foto dan video.

Salah satu saat yang paling mendebarkan adalah ketika anak pertama kali belajar untuk berjalan. Beberapa bayi mulai belajar berjalan ketika berusia 9 bulan sampai dengan 13 bulan.

Berikut akan kami uraikan beberapa tips bagaimana cara membantu anak belajar berjalan.

1. Bantu Perkuat Kakinya.

Bayi baru bisa meumpukan beban badannya pada kaki ketika dia mulai berusia sekitar 9 bulan. Jadi berikan semacam baby walker atau kursi goyang yang bisa membantu dia menggerakkan otot kakinya. Jangan lupa untuk memegang tangannya ketika dia mulai berusaha untuk berdiri.

Biarkan bayi berjalan beberapa langkah dan jangan terlalu memforsir atau memaksanya untuk langsung melangkah jauh karena bisa menimbulkan rasa takut pada bayi. Tingkatkan latihan secara bertahap.

Jika bayi selesai berlatih, pijit kakinya dengan lembut agar bayi Anda tidak lelah atau merasa pegal. Disarankan jangan terlalu bergantung pada baby walker. Karena bayi akan malas belajar berjalan jika tidak menggunakan baby walker.

2. Gunakan Mainannya Sebagai ‘Umpan’.

Jika bayi Anda masih bergantung pada baby walker, gunakan mainannya sebagai umpan agar dia mau melepaskan baby walkernya dan berjalan tanpa bantuan baby walker.

Cara lainnya adalah dengan membelikan mainan dorong beroda seperti troli. Isi troli tersebut dengan mainannya lalu biarkan bayi bermain dorong troli agar dia terus bersemangat latihan berjalan.

READ:  Tips Memilih Pakaian untuk Bayi

3. Puji Bayi Anda.

Jangan lupa memujinya ketika dia behasil berjalan tanpa bantuan baby walker maupun bantuan Anda. Itu akan membuat bayi merasa senang dan memiliki motivasi untuk terus berlatih.

**

Demikianlah tips dan cara untuk mengajarkan bayi berjalan. Tak semua bayi bisa berjalan ketika usia mereka sudah mencapai 9 bulan. Ada beberapa yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk bisa berjalan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini antara lain, bayi dengan berat badan berlebih, bayi yang lahir prematur, atau bayi yang lahir dengan kelainan.

Selama bayi usianya belum mencapai 15 bulan, sebaiknya Anda tak perlu khawatir berlebihan. Namun, jika Anda merasa membutuhkan informasi lebih lengkap dan jelas, segera kunjungi dokter anak.

(foto: modernmom.com)