Cara Mudah Mengontrol Emosi

Loading...

Mengontrol EmosiMengontrol Emosi

Hidup kadang membuat kita merasa seperti sedang naik roaller coaster. Up and Down. Dalam satu hari kadang kita merasa senang namun mendadak marah atau gamang. Jika Anda tipe orang yang gampang marah, simak artikel berikut yang akan menjelaskan bagaimana cara mengontrol emosi yang dikutip dari RealAge berikut ini:

1. Biarkan Amarah tersebut Keluar

Jangan terlalu lama menyimpan rasa marah. Hal ini akan membuat Anda merasa lelah saja karena buang-buang energi. Selain itu, menyimpan rasa marah lebih lama bisa mengganggu hubungan Anda dengan orang disekitar dan menganggu pekerjaan. Ungkapkan rasa marah Anda melalui cara-cara yang lebih positif. Dengan berolahraga, misalnya.

2. Menghitung Sampai Sepuluh

Emosi bisa muncul setiap saat. Misalnya, ketika kita sedang sibuk mengerjakan sesuatu namun seseorang mengajak bercanda. Jangan langsung marah pada orang tersebut. Hitunglah sampai sepuluh sembari Anda mengatur emosi dan menenangkan diri serta menilai situasi lalu katakan bahwa Anda sedang sibuk dan tidak ingin diganggu pada orang tersebut dengan baik. Hal ini agar hubungan Anda dengan orang tersebut tidak akan memburuk di masa depan.

READ:  Tips Mengawetkan Telur

3. Katakanlah Saat Sedang Membutuhkan Bantuan

Jangan terlalu memaksa untuk menyelesaikan pekerjaan yang begitu banyak seorang diri. Hal itu nantinya akan membuat Anda stress dan marah pada diri sendiri. Ajaklah orang yang Anda anggap bisa membantu.

4. Berbicara Pada Diri Sendiri

Berusahalah untuk selalu berbicara pada diri sendiri. Apa yang telah Anda lakukan, langkah apa yang harus diambil ketika ternyata Anda sedang berada dalam masalah, tanyakan pada diri sendiri apa yang Anda butuhkan, mengingat kembali situasi ketika Anda sedang merasa teramat sangat marah dan mencari tahu bagaimana agar tidak terjerumus kembali ke hal yang seperti itu juga dapat mengendalikan emosi.

5. Hindari Hal Yang Bisa Memancing Amarah

Ketika kita sedang merasa dikejar-kejar deadline pekerjaan, bisa memancing kita untuk marah. Maka dari itu, usahakan agar menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

(photo: kajolshafiq.hubpages.com)