Video Game Dapat Membantu Otak yang Menua Tetap Tajam

Loading...

video game roadtour

Menjaga otak tetap tangkas di usia tua mungkin sesederhana bermain video game, menurut para peneliti yang membandingkan manfaat proses pemikiran teka-teki silang dengan program komputer yang meningkatkan kecepatan mental dan kelincahan pengguna, dilansir dari everydayhealth.com.

Menganalisis dari 681 orang sehat berusia 50 tahun ke atas, para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang memainkan video game “Road Tour” selama setidaknya 10 jam – yang mengharuskan mereka untuk mengidentifikasi “kendaraan” di antara jajaran dengan cepat – mendapatkan setidaknya tiga tahun perbaikan kognitif (keterampilan mental) setelah satu tahun.

Sebuah kelompok yang menerima empat jam tambahan pelatihan dengan permainan meningkatkan kemampuan berpikir mereka hingga empat tahun.

“Kabar buruk tentang plastisitas otak adalah bahwa… kita mulai melambat di awal 30-an dan terus berlanjut. Kabar baiknya adalah, dengan jenis program pelatihan yang tepat, kita bisa mendapatkan kembali apa yang telah hilang dan mungkin dalam tingkat yang lebih tinggi,” kata penulis studi Fredric Wolinsky, seorang profesor kesehatan masyarakat di University of Iowa.

“Tampaknya beberapa renovasi otak berlangsung, tetapi kita perlu mengetahui di otak bagian mana persisnya yang mengalami perbaikan fungsional,” tambah Wolinsky, yang tidak memiliki kepentingan finansial dalam video game yang digunakan dalam penelitian.

READ:  Bagaimana Proses Terbentuknya Badai Sandy?

Studi ini diterbitkan pada tanggal 1 Mei dalam jurnal PLoS ONE.

Wolinsky dan timnya membagi peserta menjadi empat kelompok, lebih lanjut ia memisahkan mereka ke dalam kelompok 50 hingga 64 tahun dan di atas 65 tahun. Satu kelompok diberi teka-teki silang komputerisasi dan tiga kelompok lainnya berulang kali menggunakan permainan Tour Road.

Pusat video game dengan cepat mengidentifikasi jenis kendaraan dan mencocokkan simbol dengan tanda jalan yang benar di antara kemungkinan jajaran melingkar. Pemain harus berhasil dalam tiga dari setiap empat percobaan untuk maju ke tingkat berikutnya, yang mempercepat proses dan menambahkan lebih banyak gangguan.

Peserta yang memainkan video game secara signifikan mencetak skor lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok teka-teki silang pada tes yang melibatkan fungsi eksekutif seperti konsentrasi, kegesitan dari satu tugas mental lain, dan kecepatan dalam memproses informasi.

Peningkatan mental dalam kelompok video game berkisar antara 1,5 sampai hampir 7 tahun dibandingkan dengan mereka yang melakukan teka-teki silang, demikian para peneliti menemukan.

READ:  5 Tips Meningkatkan Daya Ingat

Wolinsky mencatat bahwa banyak permainan pelatihan otak lainnya yang tersedia secara komersial, meskipun beberapa memiliki bukti ilmiah yang mendukung klaim peningkatan kognitif mereka. Road Tour memaksa pengguna untuk memperluas bidang visi mereka untuk mengambil semua informasi yang diperlukan untuk sukses, katanya.

Seorang ahli yang tidak terlibat menyebut studi ini “menarik dan menyenangkan.”

Dr. James Galvin, direktur Pearl Barlow Center for Memory Evaluation and Treatment di NYU Langone School of Medicine di New York City, mengatakan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa dokter harus melihat lebih cermat program pelatihan otak tersebut untuk menentukan bagaimana mereka dapat digunakan secara klinis.

“Sifat dari otak adalah bahwa bahkan di kemudian hari, kita masih bisa merombak itu. Ini menunjukkan kita memiliki kesempatan untuk membuat dampak yang nyata pada orang tua dalam hal kemampuan mental mereka.” kata Galvin.

(foto: gizmag.com)