Bulimia Nervosa Dan Langkah Awal Pemulihannya

Loading...

BulimiaBulimia, selalu merasa kelebihan berat badan

Apa Itu Bulimia

Bulimia Nervosa adalah gangguan makan yang ditandai dengan sering makan yang berlebihan namun panik bila berat badan naik. Ini sering terjadi baik pada perempuan maupun laki-laki disegala usia.

Anda sebenarnya tidak ingin makan terus menerus namun ketika berhadapan dengan makanan yang begitu banyaknya, keinginan untuk makan akan timbul dan terkadang tak bisa dibendung sehingga Anda akan makan kemudian menyesal dan mengeluarkannya kembali (atau dimuntahkan) karena tetap ingin kurus.

Penting untuk diketahui bahwa bulimia tidak hanya melibatkan ‘fisik’ untuk mengeluarkan makanan dari perut (memasukkan tangan kedalam mulut sampai Anda merasa ingin muntah). Tapi, juga olahraga berlebihan, meminum obat pencahar bahkan berpuasa secara tidak wajar juga termasuk bulimia.

Langkah Awal Pemulihan Bulimia

1. Akuilah bahwa Anda memang sedang bermasalah dengan kebiasaan makan Anda. Dengan mengetahui dan sadar akan hal tersebut akan membuat Anda berpikir bahwa itu salah dan mulai mengontrol apa yang Anda makan.

READ:  4 Manfaat Blogging Bagi Kesehatan

2. Berbicara dengan seseorang. Mungkin ini akan sulit karena biasanya kita akan merasa malu jika mengakui bahwa kita sedang bermasalah kepada orang lain. Namun, hal ini penting agar kita mendapatkan saran dari orang tersebut apa yang akan kita lakukan selanjutnya agar tidak mengalami ‘gangguan makan” seperti ini terus menerus.

3. Jauhi pemicu timbulnya rasa ingin makan berlebihan. Jaga jarak dengan orang yang selalu mengajak makan, tempat makan langganan yang menawarkan banyak makanan enak, acara yang menyediakan banyak makanan dan majalah yang menampilkan resep yang lezat!!! Hal ini dapat membantu mengontrol keinginan makan yang berlebihan.

4. Cari bantuan professional. Ini adalah tahap dimana ketika Anda merasa sudah tidak bisa mengatasi masalah Anda sendiri.

(photo: mentalhealthtreatment.net)