Apa itu Chondroitin?

Loading...

chondroitin supplements

Chondroitin adalah zat yang terjadi secara alami di jaringan ikat manusia dan hewan. Sebagai suplemen dalam dosis yang lebih tinggi daripada yang ditemukan secara alami, chondroitin adalah pengobatan populer untuk osteoarthritis.

Baca terus artikel berikut untuk tahu manfaat dan resiko penggunaanya, dilansir dari webMD.

Manfaat Chondroitin

Sebagai pengobatan osteoarthritis, chondroitin sering digunakan bersama dengan suplemen lain, glukosamin.

Bukti bahwa chondroitin membantu osteoarthritis masih membingungkan. Sejumlah penelitian tampaknya menunjukkan bahwa ia efektif. Para peneliti menemukan bahwa chondroitin dapat mengurangi rasa sakit, meningkatkan mobilitas sendi, dan mengurangi kebutuhan terhadap obat penghilang rasa sakit.

Namun, beberapa penelitian yang lebih baru kurang menjanjikan. Beberapa menemukan bahwa suplemen chondroitin hanya memiliki manfaat kecil, jika ada. Jika Anda tertarik menggunakan chondroitin untuk nyeri artritis, bicarakan dengan dokter.

Dosis Chondroitin

Karena chondroitin bukanlah pengobatan yang ditetapkan, dosis ideal tidak pasti. Untuk osteoarthritis, beberapa studi telah menggunakan 1.200 miligram sampai 1.800 miligram sekali sehari.

Studi-studi lain telah menggunakan dosis yang lebih kecil beberapa kali sehari. Tanyakan kepada dokter Anda untuk meminta nasihat.

READ:  6 Manfaat Madu Untuk Wanita

Sumber Alami Chondroitin

Chondroitin terjadi secara alami di jaringan hewan, khususnya jaringan ikat. Rawan pada tulang hewan tinggi kondroitin.

Namun, sumber-sumber ini jauh lebih rendah dari dosis yang disediakan dalam suplemen chondroitin. Beberapa suplemen chondroitin berasal dari sumber hewani, seperti ikan hiu atau daging sapi tulang rawan.

Resiko dan Efek Samping Chondroitin

Efek samping. Chondroitin tampaknya aman bagi kebanyakan orang. Efek samping jarang terjadi. Beberapa orang telah melaporkan sakit kepala, perubahan mood, ruam, gatal-gatal, diare, dan gejala lainnya. Jika Anda memiliki efek samping, hubungi dokter.

Resiko. Orang yang memiliki alergi kerang, asma, atau kanker prostat tidak seharusnya mengambil suplemen chondroitin tanpa berbicara dengan dokter terlebih dahulu. Karena chondroitin mungkin bekerja sebagai pengencer darah, ada resiko teoritis pendarahan, terutama pada orang dengan gangguan pendarahan.

Beberapa laporan awal bahwa chondroitin dapat mempengaruhi kadar gula darah pada penderita diabetes belum terbukti benar dalam studi penelitian yang lebih besar dan lebih baru.

Juga, karena chondroitin berasal dari sumber hewani, ada beberapa kekhawatiran perihal kontaminasi. Pastikan bahwa produk yang digunakan berasal dari perusahaan dan produsen terkemuka.

READ:  Mengenal Biotin

Interaksi. Jika Anda mengambil obat secara teratur, konsultasilah dengan dokter sebelum Anda mulai menggunakan suplemen chondroitin.

Mereka bisa berinteraksi dengan obat-obatan seperti pengencer darah dan obat penghilang rasa sakit NSAID atau suplemen seperti ginkgo biloba, bawang putih, dan saw palmetto.

(foto: topnews.ae)