Alasan Mengapa Harus Membatasi Konsumsi Garam

Loading...

garamMembatasi Konsumsi Garam

Garam merupakan mineral yang amat penting dalam menjaga keseimbangan asam-basa tubuh kita. Selain itu garam juga mampu mengontrol tekanan osmotik cairan tubuh. Garam yang biasa disebut sebagai natrium atau sodium telah dikenal sejak zaman dulu.

Pada dasarnya, mengkonsumsi garam sangat bermanfaat. Jika pH (Power of Hydrogen) dalam tubuh kita tidak mengalami keseimbangan, dimana kondisi terlalu asam atau terlalu basa, maka mineral-mineral tertentu akan mengendap dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan endapan asam urat pada persendian, bahkan terjadi batu ginjal.

Meskipun demikian, jika kita mengkonsumsi garam secara berlebihan akan berakibat fatal. Umumnya, Natrium bekerja menahan air di dalam tubuh kita sehingga volume darah yang beredar akan meningkat.

Peningkatan volume darah yang terjadi, dapat meningkatkan tekanan pada dinding pembuluh darah. Jika natrium bekerja secara berlebihan, maka akan terjadi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Jika terjadi hipertensi, dapat menimbulkan gangguan jantung, stroke,  dan beberapa penyakit lainnya. Kelebihan garam di dalam tubuh dapat pula mengakibatkan pembengkakan bagian-bagian tubuh.

READ:  Deteksi Masalah Kesehatan Melalui Kuku

Mengapa mengkonsumsi garam yang berlebih bisa menyebabkan pembengkakan dalam tubuh? Garam bersifat higroskopis yang mudah menyerap air. Jika seseorang mengkonsumsi garam secara berlebihan, konsentrasi garam dalam cairan tubuh akan meningkat.

Garam akan menarik keluar banyak cairan yang berada di dalam sel sehingga cairan tersebut akan memenuhi ruang di luar sel. Inilah yang mengakibatkan beberapa bagian tubuh akan terlihat bengkak.

Penelitian RAND Corporation menyatakan bahwa jika seseorang mampu mengurangi asupan natrium rata-rata 2.300 miligram per hari, dapat mengurangi 11 juta kasus penderita tekanan darah tinggi dan menghemat biaya medis sebanya 18$ setiap tahun.

Selain itu, konsumsi garam secara berlebihan bisa menyebabkan kegemukan karena kandungan garam yang menahan air di dalam tubuh. Pembengkakan atau lebih dikenal dengan istilah Oedema dan meningkatnya tekanan darah, jika diabaikan dan konsumsi garam tidak dibatasi akan berbahaya bagi tubuh.

Kelebihan garam beresiko terhadap gangguan kesehatan. Timbunan garam berlebih dapat menyebabkan keracunan. Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai mengontrol konsumsi garam sejak dini.

READ:  Apa itu Gangguan Bipolar?

(Photo : blog.journals.cambridge.org)