Tips dan Trik Merintis Bisnis Jasa Pengiriman Online

Loading...

Jasa pengiriman onlineJasa pengiriman online

Bisnis adalah kata yang tidak akan pernah ada matinya di dunia ini. Selama masih ada kebutuhan, maka bisnis akan selalu berjalan. Perkembangan bisnis bukan saja di dunia nyata. Sejak teknologi informasi berkembang cepat, bisnis juga merambah barang yang satu itu.

Internet sebagai media baru menawarkan cara berbisnis beda dari biasanya. Anda tidak perlu bertemu dengan pelanggan, tapi cukup kepercayaan dan kredibilitas maka bisnis bisa menghidupi Anda.

Jasa pengiriman online salah satunya. Bisnis ini tidak perlu modal ratusan juta. Hanya memerlukan komputer, koneksi, dan kredibilitas maka usaha jasa pengiriman Anda sudah bisa berjalan.

Bila Anda tertarik untuk mencoba bisnis seperti ini, tidak masalah. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa membantu Anda membuat stepping stone bisnis jasa pengiriman online.

Riset Pasar

Riset pasar artinya melakukan survei seberapa besar kebutuhan masyarakat terhadap adanya jasa pengiriman online. Survei bisa dilakukan dengan cara pemetaan wilayah-wilayah dalam jangkauan Anda nantinya. Minimal Anda tahu bagaimana kota-kota target Anda.

READ:  10 Pekerjaan Dengan Penghasilan Lumayan

Mulai Dari Dunia Nyata

Jasa pengiriman online tidak semata-mata muncul begitu saja. Harus ada pondasi, semisal mendirikan sebuah jasa pengiriman di dunia nyata terlebih dahulu.

Intinya bahwa dengan sistem online, jangkauan bisnis Anda akan lebih luas. Lebih luas artinya akan lebih banyak konsumen yang akan memakai jasa Anda.

Nama dan Kredibilitas Anda

Nama dan kredibilitas jasa pengiriman online akan tumbuh dengan sendirinya ketika kepercayaan orang di dunia nyata telah melengket pada Anda.

Contohnya seperti ketepatan jadwal pengiriman barang hingga sampai di kota tujuan, keamanan barang selama di perjalanan, dan masih banyak lagi. Jangan pernah mengecewakan sang raja yaitu konsumen Anda.

Website dengan Informasi Lengkap

Membangun website untuk bisnis ini bukan sekedar website tempat promo usaha Anda. Tapi isinya juga harus lengkap. Mulai dari bagaimana tata cara menggunakan jasa pengiriman online ini.

Langkah-langkah kecil seperti ini akan memudahkan calon pelanggan Anda. Semakin mudah informasinya dicerna, semakin bagus.

Gunakan Teknik Promosi

Satu yang tidak boleh Anda lupakan, adalah promosi website. Promosi selain dalam bentuk iklan, bisa juga Anda gunakan teknik “silaturahmi” dengan orang-orang yang kira-kira memiliki pengaruh untuk mengajak orang lain menggunakan jasa Anda. Hal seperti ini bisa membantu meningkatkan tingkat kredibilitas Anda.

READ:  Tips Sukses Membuka Usaha Toko Kado

Wadah Organisasi

Mungkin ini terlihat ekstrim dengan merangkul saingan bisnis dalam satu wadah organisasi yang menghimpun semua pebisnis online khususnya jasa pengiriman online. Namun tak ada salahnya mencoba.

Wadah seperti ini bisa dijadikan tempat sharing bagaimana pengalaman masing-masing pihak.

Proses Transportasi

Jasa pengiriman online tentunya membutuhkan sebuah alat transportasi untuk mengantarkan barang pelanggan. Pikirkan dengan baik bagaimana semua proses transportas untuk Anda.

Itulah gunanya membangun usaha jasa pengiriman di dunia nyata dulu, agar pada tahap ini lebih mudah. Anda juga bisa menggunakan jasa pengiriman seperti Tiki dan semacamnya jika memang Anda belum memiliki alat transportasi sendiri.

 (foto: blog.kirimpaket.com)