5 Tips Pintar Menata Ruang Makan agar Lebih Nyaman

Loading...

tips menata ruang makan

Ruang makan adalah salah satu ruang kehangatan dalam rumah. Tempat kita makan bersama, berkumpul untuk menikmati rejeki yang Tuhan berikan.

Sebagai seorang wanita yang lebih berkuasa di bagian dapur dan ruang makan, menata ruangan ini haruslah dimulai dengan mengenali keadaan ruang makan yang Anda miliki. Semua sudut harus masuk ruang imajinasi Anda untuk dikreasikan sebaik mungkin.

Dengan cara tersebut, tentunya Anda bisa mendapatkan keseimbangan ruangan. Untuk membantu Anda menemukan suasana ruangan yang penuh dengan kehangatan, berikut beberapa tips pintar dalam menata ruang makan, khusus untuk Anda.

Pilih Gaya Interior

Gaya interior seperti tema apa usungan Anda adalah faktor utama penentu bagus tidaknya dekorasi Anda nantinya. Akan dibuat seperti apa ruangan ini dengan memanfaatkan barang-barang milik anda.

Melihat keharmonisan dengan ruangan lain tentunya membantu Anda menciptakan gaya yang serasi. Usahakan agar gaya yang Anda pilih tidak bertabrakan dengan ruangan lain di dekatnya agar mata tidak kaget saat berpindah tempat.

Meja Makan

Namanya saja ruang makan, tentu ada meja di dalamnya sebagai furnitur utama ruang tersebut. Ukuran, bentuk, dan tema meja adalah pilihan Anda. Sesuai dengan tema Anda di atas.

READ:  Tips Pengaturan Meja Untuk Makan Malam

Sesuaikan dengan ukuran ruangan. Sebab ruang gerak sangat diperlukan di sekitar meja. Mau meja bundar, segi empat, atau elips tidak masalah. Intinya tetap konsisten dengan tema ruangan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Pengaturan Cahaya

Ruang makan adalah tempat bersama. Dengan meja sebagai pusatnya, aturlah bagaimana cahaya bisa menyatukan Anda sekeluarga di meja tersebut. Tidak boleh terlalu terang, juga tidak boleh terlalu redup.

Tata lampu sekarang ini banyak pilihannya. Mulai dari lampu yang tersembunyi di langit-langit, menempel di dinding, atau tergantung. Pilihlah sesuai kebutuhan. Cahaya dari lampu haruslah bisa membuat ruangan lebih hidup. Jelas terbukti dari manfaat ruang makan yang memberi kita tenaga untuk hidup lewat makanan yang kita makan.

Titik Fokus Ruangan

Titik fokus selain meja makan, bisa juga memanfaatkan benda-benda lain di ruangan makan. Tungku perapian misalnya, bisa dijadikan titik fokus yang menonjolkan sisi kecantikan dan kehangatan.

Terserah Anda seperti apa titik fokus yang mau Anda bangun. Asalkan jangan norak dan jauh dari kesan ruang makan.

READ:  5 Ide Menarik Dekorasi Sudut Kamar Tidur yang Kosong

Jangan Lupakan Lantai

Jangan berpikir bahwa lantai pada ruang makan tidak memberikan pengaruh. Lantai adalah elemen dari ruang makan itu sendiri. Bahkan lantai juga bisa menentukan bagus tidaknya kondisi ruangan Anda nantinya. Lantai ada banyak jenis, mulai dari lantai kayu, keramik, tehel, maupun batu marmer.

Hal-hal yang harus Anda perhatikan dengan lantai adalah kualitasnya, bagaimana pembersihannya, dan bagaimana warnanya. Utamakanlah kenyamanan mata Anda memandang dan perasaan kaki Anda ketika memasuki ruangan tersebut. Terkadang desain selalu bertubrukan dengan kenyamanan ruangan.

 (foto: lindseyok.com)