Tips dan Cara Merawat Kulit Kering

Loading...

merawat kulit kering

Memiliki kulit kering? Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya halus dan lentur.

Dalam banyak kasus, yang diperlukan adalah membuat beberapa penyesuaian dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda. Simak artikel berikut yang kami rangkum dari webMD.

Strategi Perawatan Kulit Kering Saat Mandi

– Lewatkan mandi lama dengan air panas. Air panas mengangkat minyak dari kulit lebih cepat dibandingkan air hangat. Mandi lama akan membuat kulit Anda kering. Batasi diri dengan mandi air hangat 5 atau 10 menit dalam sekali mandi sehari.

– Gunakan pembersih yang lembut atau shower gel dengan pelembab. Alih-alih pembersih yang berbahan keras, pilih yang tidak berbau, bebas sabun, atau sabun pembersih ringan.

– Lembabkan kulit Anda saat masih lembab. Tepuk kulit dengan handuk setelah Anda mandi atau mencuci muka atau tangan, membiarkannya tetap lembab. Oleskan pelembab dalam waktu tiga sampai lima menit untuk mengunci kelembaban.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Pelembab

Baca label. Bahan-bahan yang mungkin berguna untuk kulit kering meliputi:

READ:  Manfaat Semangka untuk Perawatan Kulit Kering

– Ceramide. Ceramide membantu kulit menyimpan air dan menenangkan kulit kering. Ceramide sintetis dapat meniru zat alami di lapisan terluar kulit yang membantu menjaga kelembaban.
– Dimethicone dan gliserin. Mereka menarik air ke kulit dan tetap di sana.
– Asam hialuronat (hyaluronic acid). Seperti ceramide, asam hialuronat membantu kulit menyimpan air.
– Lanolin, minyak mineral, dan vaselin (petroleum jelly, petrolatum). Ini membantu kulit mempertahankan air yang diserap selama mandi.

Pastikan untuk menerapkan tabir surya pada area tubuh Anda yang terkena sinar matahari di siang hari. Carilah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih yang mengatakan “broad spectrum” pada label.

5 Tips Gaya Hidup untuk Membantu Kulit Kering

Strategi ini juga dapat membantu membuat kulit Anda kenyal dan halus:

– Pasang humidifier di rumah untuk membantu menjaga kulit terhidrasi selama bulan-bulan musim dingin ketika udara dalam ruangan kering.
– Gunakan kapas dan serat alam lainnya. Wol, sintetis, atau kain lain bisa gatal dan membuat perih.
– Minum banyak air.
– Makan makanan omega-3. Asam lemak esensial dapat membantu membentengi penghalang minyak alami kulit. Makanan kaya omega-3 termasuk ikan air dingin (salmon, halibut, sarden), rami, kenari, dan minyak safflower.
– Untuk mengatasi kemerahan atau peradangan, kompres dengan air dingin atau oleskan krim hidrokortison pada area selama seminggu. Jika ini tidak membantu, hubungi dokter.

READ:  Tidak Pede Dengan Bau Mulut? Ini Cara Atasinya

(foto: shutterstock image)