Tips dan Cara Perawatan Arthritis pada Anjing

Loading...

Perawatan Arthritis pada AnjingArthritis pada anjing

Seiring dengan bertambahnya usia, kita mungkin akan mulai sering merasakan sakit di tubuh. Ini merupakan sesuatu yang wajar karena tubuh kita juga menua dan fungsinya juga mulai menurun. Terlebih lagi jika kita tidak menerapkan pola hidup yang sehat dan kurang olahraga.

Begitu pula dengan hewan. Namun, kali ini hewan yang akan dibahas adalah Anjing. Di Amerika saja diketahui bahwa 1 dari 5 anjing dewasa bisa terkena arthritis. Namun, hal ini bisa diatasi dan diobati. Berikut uraiannya di bawah ini:

Pencegahan arthritis pada anjing

1. Perhatikan Makannya

Terlalu sayang pada hewan peliharaan biasanya membuat kita memberinya makan banyak pada mereka. Padahal sebenarnya, hewan peliharaan sama seperti kita.

Jika terlalu banyak diberi makan, akan mengalami kelebihan berat badan yang mana bisa mengakibatkan mereka mengalami berbagai macam masalah kesehatan. Pastikan Anda membaca petunjuk pemberian makanan pada hewan peliharaan yang ada dalam kotak makanan hewan atau sesuai petujuk dokter hewan.

2. Buat Agar Hewan Peliharaan Tetap Aktif Bergerak

READ:  7 Tanda Anak Anda Siap Memiliki Hewan Peliharaan

Rutin latihan bisa membantu agar otot dan tulangnya tetap kuat. Manfaatkan mainan kesukaannya, bola atau frisbee, lemparkan lalu biarkan hewan peliharaan Anda yang menangkap atau mengambilnya.

Selain agar hewan peliharaan tetap sehat, ini juga bisa menguatkan hubungan emosional hewan peliharaan dan pemiliknya.

3. Kunjungan Rutin Ke Dokter Hewan

Lakukan kunjungan rutin ke dokter hewan untuk mengecek kondisi kesehatan hewan peliharaan. Apalagi jika hewan peliharaan Anda sudah memasuki usia dewasa.

4. Deteksi Dini.

Meskipun kita sudah melakukan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hewan peliharaan tetap jatuh sakit, faktor genetika dan penuaan misalnya. Itu diluar kontrol kita.

Maka dari itu kita harus bisa membaca tanda-tanda atau peringatan jika hewan peliharaan kondisi kesehatannya sedang memburuk. Setelah itu, respon dengan cepat dengan cara membawanya ke dokter hewan jika terjadi gangguan pada kesehatannya.

Tanda gangguan kesehatan pada hewan peliharaan

Beberapa tanda-tanda adanya gangguan kesehatan pada hewan peliharaan antara lain:
a. Jadi lebih sering tidur.
b. Terjadinya penurunan aktifitas.
c. Kurangnya minat dalam bermain.
d. Perubahan sikap dan perilaku.
e. Enggan untuk berjalan atau berdiri.

READ:  Manfaat Garam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pengobatan arthritis pada anjing

Anda bisa mendiskusikan dengan dokter hewan untuk mengetahui metode pengobatan yang tepat atau obat seperti apa yang harus diberikan pada hewan peliharaan yang terkena arthritis.

Jika Anda ingin mencoba melakukan pengobatan dirumah, berikut hal yang bisa Anda coba:

1. Kurangi Berat Badannya.

Cobalah ganti makanannya jadi makanan yang rendah lemak agar berat badannya bisa turun (jika hewan peliharaan mengalami obesitas) sehingga beban di persendiannya juga berkurang.

Jika beban dipersendiannya berkurang, makan hewan peliharaan akan merasa jauh lebih nyaman ketika bergerak atau berjalan. Tapi, jangan biarkan hewan peliharaan melakukan olahraga berat, seperti berenang dan berlari jauh.

2. Konsumsi Vitamin.

Jangan lupa untuk memberikan suplemen yang mengandung glucosamine dan chondroitin pada hewan peliharaan. Keduanya bisa membantu melonggarkan persendian dan mengurangi rasa sakit.

Meskipun manfaatnya tidak bisa dirasakan secara cepat, sebaiknya Anda tetap memberikan suplemen glucosamine dan chondroitin pada hewan peliharaan Anda.

3. Asam Lemak Omega-3.

Asam lemak omega-3 bekerja sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan, jika hewan peliharaan rutin diberi makan dengan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, mungkin saja hewan peliharaan Anda akan jadi lebih jarang mengunjungi dokter hewan.

READ:  5 Tips Merawat Kelinci Untuk Pemula

**

Demikianlah tips dan cara perawatan arthritis pada anjing. Semoga anjing Anda cepat sembuh.

(foto: shutterstock)