Cara Membuat Churros Dengan Saus Cokelat

Loading...

churros

Churros, makanan ringan yang berasal dari Spanyol ini berbentuk stik panjang. Dibuat dengan cara digoreng dan biasanya disajikan sebagai teman minum kopi atau teh. Jika Anda tertarik untuk mencoba churros, kenapa Anda tak membuatnya sendiri? Bahan yang digunakan untuk membuat Churros sangat mudah didapat dan membuatnya pun sangat gampang.

Berikut contekan resep cara membuat churros dengan saus cokelat.

Yang Anda Butuhkan:

A. Adonan Churros.

1 Gelas air.
1 sdm gula pasir.
1 sdm minyak sayur.
½ sdt garam halus.
1 gelas tepung terigu (gunakan ukuran gelas yang sama dengan gelas air untuk mengukur tepung)
Minyak sayur untuk menggoreng secukupnya.

B. Campuran Gula Churros.

½ gelas gula pasir.
1 sdt bubuk kayu manis.
Sedikit garam halus.
*semua bahan dicampur rata.

C. Saus Cokelat.

4 ons semisweet chocolate atau cokelat batangan yang dicincang halus (bisa juga choco chips)
1/2 cup heavy cream (jika kita membelinya di supermarket, maka dikemasannya Anda bisa lihat tulisan ‘heavy cream’)
½ sdt bubuk kayu manis.

READ:  10 Resep Mudah Camilan Tengah Malam

Cara Membuat:

1. Di teflon berukuran sedang, tuangkan air, gula, minyak sayur, garam dan didihkan. Setelah mendidih, angkat lalu dinginkan sebentar agar suhu panasnya berkurang. Tuangkan ke dalam wadah yang berisi tepung dan aduk hingga berbentuk bola dan kalis.

2. Diamkan beberapa saat dengan cara meletakkannya di dalam wadah atau mangkuk dan tutup dengan wrapping plastic roll atau plastik pembungkus agar adonan jadi sedikit lebih mengembang.

3.  Masukkan adonan ke dalam plastik yang berbentuk segitiga (piping bag),  sebelumnya masukkan cetakan yang berbentuk bintang ukuran sedang (star tip) ke piping bag.

4. Panaskan minyak di atas wajan. Setelah dirasa cukup panas, tekan piping bag di atas minyak panas hingga adonan keluar dan potong dengan menggunakan pisau atau gunting. Lakukan begitu seterusnya hingga adonan habis. Ingat, potong adonan churros sama panjang.

4. Goreng adonan hingga berwarna kuning keemasan (biasanya digoreng selama 2 menit). Jika sudah berubah warna, angkat dan tiriskan. Akan lebih baik jika ditiriskan dengan menggunakan tisu masak agar tak ada sisa minyak.

READ:  Tips Dan Cara Membuat Ham and Cheese Rolls

5. Setelah itu, gulingkan churros ke dalam campuran gula.

6. Lelehkan cokelat dengan cara ditim lalu tuangkan heavy cream dan bubuk kayu manis, aduk hingga rata dan lembut. Tuang saus cokelat ke dalam wadah kecil dan siap disajikan hangat bersama churros. Hmmmmmm, yummy!

Keterangan:

Tim cokelat adalah melelehkan cokelat dengan cara meletakkan wadah cokelat di dalam air yang sedang mendidih. Jangan sampai air masuk ke dalam wadah cokelat karena akan merusak cokelat.

(foto: simplysogood.com)