5 Tips Memilih dan Membeli Sepatu Futsal

Loading...

memilih sepatu futsalSepatu futsal

Anda ingin merasakan sensasi futsal standar FIFA? Cobalah lapangan vinyl. Anda ingin merasakan sensasi bermain Lionel Messi? Cobalah lapangan rumput sintetis.

Hampir semua kalangan kini dapat memuaskan hasratnya bermain sepakbola dengan semakin menjamurnya lapangan indoor. Sepakbola dalam ruangan atau yang biasa disebut futsal, memudahkan orang untuk bermain bola tanpa harus kehujanan atau terkena panas terik matahari.

Jenis lapangan pun bisa dipilih sesuai kesukaan. Yang manapun itu, permainan Anda bisa berubah menjadi bencana jika tidak mengenakan sepatu yang tepat.

Kali ini ada tips khusus untuk Anda memilih sepatu futsal, agar peristiwa memalukan di lapangan yang masih terbayang hingga kini itu bisa berubah menjadi tepuk tangan yang membanggakan.

1. Kenali jenis lapangan tempat Anda akan bermain

Ada dua jenis lapangan indoor dengan karakteristiknya masing-masing.

Pertama, lapangan vinyl, merupakan lapangan indoor yang terbuat dari bahan khusus standar FIFA, menyerupai lantai lapangan basket yang berdecit-decit jika menginjakkan sepatu di atasnya.  Karakteristik utamanya amat licin jika Anda mengenakan sepatu yang salah. Kenakanlah sepatu dengan sol karet yang kesat untuk menambah daya cengkram kaki Anda di lapangan.

READ:  3 Tips Sederhana Memilih Sepatu Untuk Anak

Sebaliknya, di lapangan sintetis, kenakan sepatu dengan pol / paku (untuk futsal terbuat dari karet atau plastik, namun tidak sepanjang pol sepatu sepakbola normal yang terbuat dari besi).

Hal ini untuk menghindari ter’pleset’ karena rumput sintetis tercampur dengan butiran karet kecil sebagai pengganti tanah, yang menambah besar kemungkinan Anda terjatuh bila mengenakan sol karet.

2. Kenali tipe permainan Anda

Jika Anda senang berlari di lapangan sambil membawa bola, maka mengenakan sepatu  sol tebal dan berat bukanlah ide yang baik. Anda akan merasakan gangguan tiap kali berlari. Dan karenanya terasa tak nyaman di tiap langkahnya.

Kenakanlah sepatu yang ringan dengan sol tipis namun berbahan karet yang kesat untuk memudahkan Anda berlari dengan kecepatan tinggi. Sebaliknya, bila Anda lebih senang bermain umpan tanpa harus banyak berlari, maka tipe sepatu yang pertama lebih cocok untuk Anda.

3. Kombinasikan dengan pelindung engkel untuk menghindari cedera

Sepatu terbaik sekalipun tidak akan terasa nyaman bila selalu terbayangi resiko cedera. Daripada memikirkan bagaimana lawan yang hobi ‘menyikat’ kaki di hadapannya, dengan Anda calon korban berikutnya, lebih baik persenjatai kaki Anda dengan pelindung engkel agar terhindar dari resiko tersebut.

READ:  Mengapa Wanita Senang Menggunakan High Heels?

Dan meskipun tips yang satu ini tak akan merubah kebiasaan beberapa lawan Anda yang punya hobi ‘ekstrim’ seperti itu, setidaknya Anda jauh lebih aman dari kejamnya permainan ini.

4. Oleskan lotion atau sedikit air pada bagian dalam sepatu.

Jika ini pertama kalinya Anda mengenakan sepatu futsal yang baru saja dibeli, olesi dengan lotion atau beri sedikit air dan jemurlah. Gunanya untuk melunakkan struktur sepatu yang masih keras.

Bila langsung dipakai bermain tanpa adanya penyesuaian ini, jangan salahkan sepatunya bila setelah satu jam mengenakannya di lapangan, Anda merasakan lecet-lecet pada kaki Anda.

5. Tidak harus mahal, yang penting fungsional

Bila telah mengerti kebutuhan dan gaya permainan yang biasa dimainkan, akhirnya sepatu ideal Anda tak harus mahal.

Untuk apa menghabiskan banyak uang bila akhirnya Anda justru tak nyaman untuk berlari atau malah berkali-kali jatuh karena licin? Mencari yang sesuai kebutuhan adalah jurus pamungkas dalam memilih sepatu yang tepat.

**

Demikianlah 5 tips memilih dan membeli sepatu futsal. Bila telah mengerti kelima hal tersebut, segera pilih sepatu ideal Anda dan siap beraksi di lapangan!

READ:  Cara Membuat Sanggul Simple dan Elegan

(foto: everystockphoto.com)