Apakah Air Kelapa Baik Untuk Kesehatan Anda?

Loading...

manfaat air kelapaAir kelapa muda

Madonna, Demi dan Lara Bingle meneguknya, tapi pendapat terbagi mengenai apakah air kelapa benar merupakan minuman kesehatan seperti yang mereka nyatakan?

Ada yang mengatakan air kelapa – cairan bening di dalam kelapa muda – adalah tambang emas gizi. Orang Jamaika menggunakannya sebagai tonik jantung dan Food and Agriculture Organisation di Amerika Serikat menyatakan ia penuh elektrolit alami.

Tapi Tania Ferraretto, seorang ahli diet terakreditasi dari Nutrition Professionals Australia, mengatakan, “Pada titik ini saya tidak akan merekomendasikan air kelapa kepada klien saya.”

Aloysa Hourigan, ahli gizi senior Nutrition Australia, setuju. “Saya pikir klaim air kelapa mungkin berlebihan. Ini tidak mungkin berbahaya dan telah mendapatkan beberapa komponen mineral, tetapi tidak memiliki kandungan gizi yang tinggi.”

Simak artikel berikut untuk tahu lebih banyak, dilansir dari body+soul.

Klaim Kesehatan

Air kelapa merupakan minuman kesehatan rendah lemak. Dianggap sebagai alternatif yang sehat untuk minuman ringan dan jus yang dikemas dengan kilojoule dan gula, air kelapa murni adalah minuman alami tanpa aditif atau pemanis buatan.

Ia bebas kolesterol, 99% bebas lemak, rendah karbohidrat dan gula alami dan memiliki kurang dari 100 kilojoule per 100 ml (varietas yang paling berasa menggunakan 100% ekstrak buah).

Ia juga menawarkan seng, selenium, yodium, belerang, mangan, boron, molibdenum, asam askorbat dan vitamin B-kompleks. Tapi Hourigan mengatakan dua terakhir yang disebutkan tidak pada tingkat substansial. “Anda juga perlu ingat bahwa air kelapa tidak bebas kilojoule,” katanya.

READ:  8 Kebiasaan yang Membuat Anda Terlalu Banyak Makan

Lebih baik dibanding minuman olahraga

Dijuluki “Gatorade dari alam”, air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang memberikan banyak manfaat yang sama seperti formulasi minuman olahraga, termasuk elektrolit kalsium, magnesium, fosfor, natrium dan kalium, tetapi dalam bentuk alaminya.

“Keuntungan pemasaran dengan menyatakannya alami itu wajar, di dunia nyata tubuh Anda tidak membedakan antara elektrolit yang berasal dari air kelapa atau dari minuman olahraga,” kata Ferraretto. Dan ia menyatakan belum akan merekomendasikan hal ini untuk atlet.

“Meskipun ia memberikan elektrolit dan sedikit karbohidrat, minuman olahraga secara khusus diformulasikan untuk atlet dengan elektrolit dan karbohidrat berada pada tingkat yang tepat.” Dia mengatakan kita semua mendapatkan hidrasi dan elektrolit yang kita butuhkan dari makanan yang sehat.

Memperlambat penuaan

Penggemar air kelapa mengatakan air kelapa dapat mempromosikan kulit halus dan tampak lebih muda. Mengklaimnya sebagai sumber alami sitokinin, kelompok hormon pertumbuhan tanaman yang membantu mengatur pertumbuhan, perkembangan dan penuaan sel.

Kaya kalium, antioksidan dan asam laurat, sitokinin dikatakan menyeimbangkan tingkat pH, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat dan bahkan mengurangi resiko penyakit yang berkaitan dengan usia.

Oleskan ke kulit dan Anda juga dapat mengurangi jerawat, selulit, eksim, stretch mark, keriput, bintik-bintik usia dan kulit kendur. Tapi Hourigan mengatakan tidak ada studi ilmiah mengenai itu semua.

Hampir sebaik transfusi darah

Menurut United Nations, profil kimia air kelapa sangat mirip dengan plasma darah, ia telah digunakan secara intravena untuk menyelamatkan nyawa di negara berkembang dan selama Perang Dunia II.

READ:  Air Kelapa dan Kandungan Nutrisinya

Di Pasifik, ia disedot langsung dari kacang untuk menyediakan transfusi darurat bagi tentara yang terluka. Ia juga digunakan sebagai obat rumahan untuk penyakit terkait dehidrasi seperti kolera dan gastroenteritis, meskipun studi di India Barat memperingatkan terhadap penggunaannya dalam kasus yang parah.

“Ketika garam medis (saline) tidak tersedia, ia dapat menggantikan air dan garam,” Hourigan sependapat. “Tapi ia tidak memberikan kontribusi glukosa yang cukup.”

Mengatur tekanan darah, gula darah dan kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, kata Dr. Bruce Fife, direktur Coconut Research Center dan penulis Coconut Water For Health And Healing.

Advokat juga mengklaim hal ini membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak, penyerapan gula moderat dan meningkatkan sensitivitas insulin.

“Orang yang menghadapi resiko tekanan darah tinggi dan stroke membutuhkan lebih banyak kalium dan lebih sedikit natrium, tapi saya ingin melihat lebih banyak studi tentang [air kelapa dan] kolesterol dan diabetes,” kata Ferraretto.

Baik untuk pencernaan dan kesehatan kemih

Air kelapa dinyatakan sebagai obat untuk berbagai pencernaan dan penyakit kemih dan telah digunakan di daerah tropis untuk mengobati flu perut, disentri, gangguan pencernaan, sembelit, cacingan, infeksi kandung kemih dan gangguan fungsi ginjal.

Ia merupakan diuretik alami dan dikatakan dapat mencegah infeksi saluran kemih (ISK) dan batu ginjal. Penelitian dari Filipina menemukan minum air kelapa sampai tiga kali seminggu dapat mengurangi ukuran batu dan kebutuhan untuk operasi.

READ:  Gangguan Psikosomatik, Apa itu?

Ferraretto berpendapat bahwa air lebih baik untuk hidrasi dan aliran urin dan mengatakan jika Anda khawatir tentang ISK, cobalah jus cranberry. “Kita tahu ada beberapa bukti di sana,” katanya.

Air kelapa dianggap aman untuk anak-anak serta ibu hamil dan menyusui dan tidak ada efek samping, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

– Semakin segar air kelapa, semakin baik. Setelah terkena udara dan suhu hangat, dengan cepat ia berfermentasi dan kehilangan nilai gizi.
– Jika Anda memiliki alergi kacang, tanyakan kepada dokter Anda.
– Hindari minyak kelapa jika Anda memiliki penyakit jantung, penyakit ginjal atau berada pada diet rendah kalium. Atur kadar kalium Anda jika mengkonsumsi air kelapa dan suplemen kalium. Terlalu banyak kalium dapat berdampak pada jantung.
– Ia mungkin memiliki efek pencahar.

(foto: mumsonraw.com.au )