Ini Dia 5 Perbedaan Teh dan Kopi

Loading...

kopi dan teh

Teh dan kopi sudah saling bertentangan dari dulu. Banyak orang yang merasa bosan pada pagi hari tanpa secangkir kopi tetapi banyak juga orang yang merasa sulit bertahan tanpa secangkir teh.

Meskipun kedua jenis tersebut membuat Anda tetap terjaga, teh dan kopi memiliki beberapa perbedaan. Berikut perbedaannya.

1. Tingkat Kafein

Meskipun teh dan kopi memiliki kandungan kafein yang sama, tetapi sebenarnya kopi lebih memiliki kandungan kafein yang lebih besar. Jumlah kafein dalam satu gelas teh kira-kira 55 miligram dan secangkir kopi kira-kira 125-128 milligrams.

Jumlah kafein dalam teh membantu untuk menaikkan tingkat konsentrasi. Kebalikannya jumlah kafein dalam kopi akan membuat perasaan menjadi gelisah.

2. Mencegah Kanker

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mengandung quercetin yang dapat melawan kanker dan penyakit jantung. Tetapi untuk kopi tidak memiliki kandungan tersebut.

3. Menghilangkan Rasa Sakit

Di dalam teh terdapat kandungan penghilang rasa sakit dan radang sendi. Juga dapat mengurangi penggumpalan darah. Sedangkan kopi seperti yang kita tahu memiliki manfaat menghilangkan penyakit asma dan penyakit parkison.

READ:  9 Tips untuk Tidur Berkualitas selama Masa Kehamilan

4. Antioksidan

Kopi dan teh memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan antioksidan dalam teh dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menimbulkan stress dan mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh. Kebalikan dengan antioksidan dalam kopi dapat menekan tingkat gula dalam darah.

5. Asal

Salah satu perbedaan antara kopi dan teh yaitu tempat pembuatannya. Produksi teh terbesar adalah di  China dan India, sedangkan kopi di Ethiopia dan negara bagian Afrika.

(foto: phoeniciafoods.com)