Mengenal Kefir dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Loading...

kefirKefir

Pernahkah Anda mendengar kata ‘Kefir’? Kefir adalah produk susu fermentasi yang mirip dengan yoghurt, berasal dari Rusia. Butiran kefir terbuat dari bakteri asam laktat dan  ragi (yeast) tertentu.

Kebanyakan orang mengkonsumsi kefir karena memiliki rasa nikmat dan tekstur yang lembut. Kefir bisa dicampur ke dalam minuman smoothie, dituangkan di atas sereal atau disajikan dengan menu makanan panggang.

Meskipun kefir tidak sepopuler dengan yoghurt, tapi khasiat kefir ini lebih hebat dibandingkan dengan yoghurt. Bakteri laktat dan ragi dalam kefir mampu meningkatkan kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Hal ini sarat dengan vitamin, mineral dan protein lengkap yang mudah dicerna dalam tubuh.

Ada beberapa manfaat mengkonsumsi kefir, dilansir thescienceofeating.com.

1. Menahan pertumbuhan bakteri jahat

Kefir berperan sebagai probiotik. Mampu menekan atau menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam sistem pencernaan. Hal ini sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan.

2.  Kefir menurunkan berat badan

Kefir dipercaya mampu menurunkan berat badan. Kefir mengandung rendah lemak  dan membantu sistem kerja pencernaan. Selain itu, kefir mampu mengurangi nafsu makan secara berlebihan, yang memungkinkan tubuh merasa lebih bergizi dan seimbang.

READ:  4 Perbedaan Yoghurt dan Kefir

3. Mengatasi Intoleransi Laktosa

Bagi seseorang yang sistem pencernaannya tidak mampu mencerna laktosa, atau lebih dikenal intoleransi laktosa, akan mengalami diare.

Dengan mengkonsumsi kefir, maka bakteri laktat yang terdapat pada kefir mampu membantu mengkatalis laktosa menjadi senyawa sederhana. Pada bakteri tersebut, terdapat enzim laktase yang mampu mengurai laktosa hingga mudah diserap dalam sistem pencernaan,

4. Mencegah kanker dan menurunkan kolestrol

Kefir memiliki efek pada sel-sel kanker, dimana efektif menghambat pertumbuhan T-sel ganas, yang memainkan peran dalam beberapa jenis kanker seluler. Senyawa dalam kefir dapat membantu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh pada anak

Kefir memainkan peran penting dalam melindungi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi anak-anak. Kefir memperkuat pertumbuhan tulang, gigi dan gusi, meningkatkan metabolisme, serta peningkatan fungsi otak.

Kefir membantu pertumbuhan anak-anak  lebih kuat dan melawan bakteri, virus, ataupun mikroba berbahaya yang berada disekitar mereka.

**

Kefir sangat penting dalam peningkatan kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita mulai membiasakan diri mengkonsumsi kefir, seperti halnya yoghurt yang telah lebih dahulu dikenal di kalangan masyarakat.

(Photo: freestylefarm.ca)