Tips dan Cara Menyempurnakan Nutrisi Smoothie

Loading...

smoothieMinuman smoothie

Pada dasarnya, smoothie beda halnya dengan jus. Jus berasal dari kata juice yang berarti ‘sari perasan’, sedangkan smoothie ialah ‘halusan’.  Smoothie adalah buah atau sayur yang dihaluskan dengan cara diblender.

Dalam pembuatan smoothie, seluruh bagian buah atau sayuran diolah dan ditambahkan susu atau yoghurt dan es batu. Lain halnya dalam pembuatan jus yang diekstrak dari buah atau sayuran saja.

Secara teori, smoothie memang tampak sempurna. Apalagi dalam pengolahan jenis minuman ini, buah atau sayur, susu dan  es batu dipadukan. Tapi, mengapa smoothie dikategorikan minuman yang kurang menyehatkan?

Komposisi dalam pembuatan smoothie mengandung banyak gula dan lemak. Dan jika Anda mengurangi takaran susu untuk mengontrol kalori berlebih, Anda hanya menipu diri sendiri. Karena protein yang berada dalam susu sangat mempengaruhi perbaikan gizi dalam tubuh.

Jadi, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut ini adalah empat cara menyempurnakan nutrisi pada smoothie, sehingga dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan tentu saja rasanya yang makin lezat, dilansir bonappetit.com.

1.  Taburan buah di atas smoothie

Potong buah persik, plumstrowbery, dan cerry menjadi beberapa bagian, kemudian tabur di atas adonan smoothie. Simpan dalam kantong plastik dan dinginkan sampai Anda siap untuk menyantapnya. Anda dapat  pula memilih buah blueberry dan raspberry utuh.

Buah-buahan ini akan membantu menjaga struktur smoothie selama pendinginan. Dan saat Anda mengkonsumsinya, buah yang memiliki mutu gizi  ini akan meningkatkan kesehatan tubuh.

2. Gunakan susu rendah lemak

Anda tidak perlu mengurangi komposisi susu pada smoothie, tapi Anda bisa menggunakan susu atau yoghurt rendah lemak. Protein sangat membantu perbaikan gizi dalam tubuh.

3. Tambahkan air kelapa

Jika Anda perlu untuk mengencerkan struktur smoothie Anda, jangan menambahkan  buah atau sayuran yang telah dihaluskan lagi. Cobalah air kelapa, cairan dari buah kelapa muda, yang kaya akan kalium dan elektrolit.

4. Campurkan alpukat secukupnya

Pisang adalah tambahan umum yang paling dominan digunakan untuk smoothie, karena buah pisang memiliki nutrisi dan rasa manis yang nikmat. Tetapi, pada buah pisang memiliki kandungan gula yang tinggi. Anda bisa mengganti buah pisang dengan seperempat buah alpukat. Anda akan mendapatkan banyak kalium, vitamin B-kompleks, antioksidan, dan serat.

Meskipun alpukat termasuk buah yang berkadar  lemak tinggi, tetapi mengandung asam oleat dan linoleat yang efektif dalam menurunkan kolesterol LDL (Low-density lipoprotein) dan meningkatkan kolesterol HDL (High-density lipoprotein).

**

Sekarang, Anda sudah tahu kan cara menyempurnakan kandungan gizi smoothie dalam menyehatkan tubuh. Dalam pembuatan smoothie amatlah mudah,  Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

(Photo: technorati.com)

READ:  7 Vitamin dan Suplemen yang Seharusnya Tidak Diambil