Masalah Tidur Terkait dengan Kanker Prostat?

Loading...

masalah tidur

Masalah tidur dapat meningkatkan resiko pria terkena kanker prostat, sebuah studi baru menunjukkan.

“Kanker prostat adalah salah satu keprihatinan utama kesehatan masyarakat pada pria, dan masalah tidur yang cukup umum,” kata penulis studi Dr. Lara Sigurdardottir, dari University of Iceland di Reykjavik.

“Jika hasil kami dikonfirmasi dengan penelitian lebih lanjut, tidur mungkin menjadi target potensial dalam intervensi untuk mengurangi resiko kanker prostat.”

Masalah Tidur

Studi ini melibatkan sekitar 2.100 pria, berusia 67-96 tahun, di Islandia. Mereka ditanya apakah mereka mengambil obat untuk membantu mereka tidur, mengalami kesulitan tidur atau terbangun di malam hari atau pagi-pagi dan mengalami kesulitan untuk tidur kembali, seperti yang dilansir dari webMD.

Para peneliti menemukan bahwa 14,4% laki-laki memiliki masalah tidur yang parah atau sangat parah.

Tak satu pun dari laki-laki memiliki kanker prostat pada awal penelitian. Selama lima tahun masa tindak lanjut, 6,4% didiagnosis dengan kanker prostat, menurut penelitian, yang diterbitkan 7 Mei dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention.

Korelasi Masalah Tidur dan Kanker Prostat

Setelah menyesuaikan dengan usia, para peneliti menyimpulkan bahwa pria dengan masalah tidur adalah 1,6-2,1 kali lebih mungkin untuk mengembangkan kanker prostat dibandingkan mereka yang tanpa masalah tidur. Resiko meningkat dengan keparahan masalah tidur.

READ:  5 Manfaat Kesehatan dari Yogurt Yunani

Asosiasinya kuat untuk kanker prostat dibandingkan kanker prostat secara keseluruhan. Mereka dengan masalah tidur yang sangat parah memiliki lebih dari tiga kali lipat peningkatan resiko kanker prostat, para peneliti menemukan.

“Masalah tidur sangat umum dalam masyarakat modern dan dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang merugikan,” kata Sigurdardottir dalam rilis berita jurnal.

“Wanita dengan gangguan tidur secara konsisten telah dilaporkan memiliki peningkatan resiko untuk kanker payudara, tetapi sedikit yang diketahui tentang peran potensial dari masalah tidur pada kanker prostat.”

Dia mengatakan temuan ini perlu dikonfirmasi dalam suatu penelitian yang lebih besar dan lebih lama.

Meskipun studi ini menemukan hubungan potensial antara masalah tidur dan kanker prostat, itu tidak membuktikan hubungan sebab dan akibat.

(foto: torontosun.com)