5 Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan Anda

Loading...

Manfaat-Daun-Selada

Di luar negeri seperti Amerika, daun selada biasanya digunakan sebagai bahan campuran dalam salad sayur, sandwich atau burger sedangkan untuk orang Indonesia dijadikan sebagai lalapan yang dikonsumsi mentah dengan sambal kacang.

Selada memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Anda dapat memilih jenis selada berdasarkan warna. Semakin hijau maka selada tersebut semakin baik untuk dikonsumsi.

Berikut 5 manfaat dari selada yang akan menambah pengetahuan Anda.

1. Sumber Vitamin A

Selada bertindak sebagai sumber vitamin. Selada yang segar dan mentah mengandung banyak vitamin A dan beta karoten.

Vitamin A membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan membantu untuk menjaga penglihatan.

2. Membantu Mencegah Makula (usia degenerasi)

Selada mengandung zeaxanthin yang membantu meningkatkan penglihatan karena mudah diaerap oleh retina makula lutea. Zeaxanthin memiliki sifat antioksidan dan  membantu mencegah penyakit makula terkait usia.

Zat ini juga membantu terjadinya penyakit katarak. Sedangkan flavonoid dalam selada membantu mencegah kanker paru-paru dan mulut.

3. Memperkuat Tulang

Mengkonsumsi delada dapat membantu memperkuat tulang. Kandungan vitamin K dalam selada meningkatkan massa tulang dan meningkatkan aktivitas osteotrophic tulang yang  membantu mencegah osteoporosis.

READ:  5 Tips Melawan Alergi Dingin

Vitamin K juga mengurangi kerusakan saraf otak dan membantu pencegahan penyakit Alzheimer.

4. Meningkatkan Kesuburan

Selada mengandung banyak folat dan vitamin C. Folat membantu menjaga kesehatan janin selama masa kehamilan dan mengurangi kemungkinan komplikasi, juga membantu dalam meningkatkan kesehatan reproduksi pada pria dan wanita.

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan  membantu  melawan infeksi.

5. Sumber Mineral

Selada merupakan sumber yang kaya akan berbagai jenis mineral seperti besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan potasium yang meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh.

Kalium merupakan vascodilutor penting yang membantu menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung dengan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

Kalsium memperkuat gigi dan tulang. Tembaga dan besi memproduksi sel darah merah dalam tubuh.

**

Demikianlah 5 manfaat selada yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Selada memang sangat bermanfaat bagi  kesehatan Anda, tetapi selada adalah salah satu jenis sayuran yang paling rentan terhadap pestisida eksposur.

Karena itu, pastikan Anda mencuci selada dengan air dingin sebelum memasak atau mengkonsumsi langsung.

READ:  Cemilan Sehat yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

(foto: indotopinfo.com)