5 Rekomendasi Wisata di Kalimantan

Loading...

Selain terkenal sebagai pulau terbesar Ke-3 di dunia, Kalimantan juga terkenal dengan keindahan alamnya serta keanekaragaman flora dan fauna yang hidup di sana.

Selain itu Kalimantan juga mempunyai objek wisata yang tidak kalah menawan dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia yang bisa anda jadikan salah satu tujuan wisata anda.

Beberapa objek wisata yang tidak untuk dilewatkan jika anda berlibur ke Kalimantan, sebagaimana yang dikutip dari belantaraindonesia.org adalah sebagai berikut :

1. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Pantai Kepulauan Derawan
Pantai Kepulauan Derawan ( foto: atahthesarjana.blogspot.com)

Kepulauan ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang memukau serta merupakan surga diving kedua setelah Raja Ampat. Jika liburan ke Derawan, jangan lupa untuk mengunjungi Danau Kababan yang terkenal dengan ubur-uburnya yang tidak menyengat.

2. Martapura, Kalimantan Selatan

Batu permata di pasar martapura
Batu permata di pasar martapura (foto: onthespot-traveler.blogspot.com )

Jika anda hobi berburu permata dan intan atau batu mulia lainya, disinilah tempatnya yakni tepatnya di Pasar Batu dan Pasar Cahaya Bumi Selamat. Anda bisa menemukan berbagai kerajinan dari batu mulia ini mulai dari cincin, gelang, kalung, anting dan lainnya.

READ:  Tips Wisata Gunung Bersama Keluarga

3. Pasar Terapung, Kalimantan Selatan

Pasar terapung banjarmasin
Pasar terapung banjarmasin (foto: wahw33d.blogspot.com)

Pasar terapung merupakan ciri khas dari Kalimantan Selatan, terletak tidak jauh dari pusat Kota Banjarmasin tepatnya di aliran sungai Kuin. Waktu paling tepat untuk berkunjung ke sini adalah pada waktu subuh. Anda juga bisa menikmati sarapan khas Banjarmasin yakni Soto Banjar.

4. Taman Bukit Bougenville, Kalimantan Barat

Taman Bukit Bougenville
Taman Bukit Bougenville (foto: mediaranahjaya.blogspot.com)

Taman yang terletak di kota Singkawang ini merupakan taman yang didominasi bunga Bougenville sekitar 46 Jenis. Selain itu ada juga tanaman bunga lain seperti berbagai jenis angrek. Di taman ini juga tersedia berbagai wahana asyik, salah satu wahana favorit adalah Hutan Homogen yang akan memberikan suasana sejuk dan udara bebas polusi.

5. Danau Sentarum, Kalimantan Barat

Danau sentarum - bukit terkenang
Danau sentarum – bukit terkenang (foto: oladoo.com)

Danau yang terletak di daerah Kapuas Hulu ini merupakan danau musiman yang mempunyai pemandangan yang indah serta tempat tinggal beberapa binatang langka seperti burung Rangkong dan burung Bekakak. Saat yang tepat untuk berkunjung adalah pada musim hujan karena jika musim kemarau hampir seluruh danau mengering.

READ:  8 Pantai Indah Untuk Menikmati Bulan Madu Romantis

**

Demikianlah 5 Rekomendasi Wisata di Kalimantan. Sebenarnya masih banyak objek wisata lainnya yang bisa anda temukan di bumi Kalimantan, jadi jangan ragu-ragu berwisata atau berlibur di Kalimantan.