7 Tips Anti Malas Jogging

Loading...

jogging

Kita semua mengerti akan pentingnya hidup sehat. Namun, untuk memulainya terasa sulit. Dari pengalaman yang sudah-sudah seringkali terhenti di tengah jalan.

Kalau saja ada cara yang lebih mudah. Ingin lebih mudah mengembangkan pola hidup sehat dengan berolahraga seperti jogging, misalnya?

Tips berikut adalah jurus anti malas jogging yang diadaptasi dari Leo Babauta, entrepreneur dan pakar produktivitas,dengan tulisannya yang berjudul ‘Make It Easier To Start’ . Tunggu apa lagi? Mari kita mulai bersama-sama.

1. Fokus

Fokus pada hal yang paling kecil dan paling mudah untuk dimulai.

Berhentilah mempersulit diri sendiri. Jogging 1 jam? Push up 50 kali? Sit up 50 kali? Jangan diteruskan. Untuk memulai, Anda tak perlu semua itu. Tak perlu 1 jam, tak perlu 100 kali, tak perlu 50 kali, atau bahkan tak perlu 5 menit.

Yang paling penting adalah memulai. Jangan terintimidasi dengan angka yang berat, dan fokus pada kata ‘mulai’ maka berolahraga akan terlihat lebih mudah sampai terasa sulit menolak.

2. Persiapan

Persiapkan lebih awal segala sesuatu yang dibutuhkan untuk memulai.

Jika Anda membutuhkan peralatan khusus untuk berolahraga, persiapkan lebih awal seperti pada sore hari sebelumnya, atau minimal satu jam sebelum memulai.

READ:  Daftar 12 Vaksin yang Dipalsukan Menurut BPOM

Sepatu jogging di ujung pintu, lengkap dengan sepasang kaos kakinya. Topi kesukaan yang diletakkan di atas lipatan jersey training, lengkap dengan botol air minum di sebelahnya. Dengan begini, saat waktunya tiba tak akan ada lagi penghalang tak berarti.

3. Lokasi

Biasakan berolahraga di tempat terdekat.

Dengan membiasakan diri berolahraga di tempat terdekat, tak ada lagi alasan seperti kendaraan mogok, jalanan macet, atau sedang tidak mood.

Tidak ada undang-undang yang bilang Anda harus jogging di stadion. Maka berlari bolak-balik di gang depan rumah Anda bukanlah ide yang buruk untuk kesehatan Anda.

Kalau ingin lebih mudah lagi, berolahraga dengan jenis yang bisa dilakukan di rumah seperti push up, sit up, pull up, lompat tali, dan masih banyak yang lainnya. Yang manapun yang penting gerakkan tubuh Anda!

4. Partner

Kalau memang ingin berolahraga di tempat yang agak jauh, janjian dengan teman untuk bertemu di sana.

Dengan begitu daripada tetap di rumah, atau di tempat kerja, Anda berpeluang lebih besar untuk berangkat ke sana, dan berangkat ke sana sama saja dengan memulainya.

READ:  Berapa Banyak Kalsium yang Kita Perlukan?

Bayangan ‘ninggalin’ teman menunggu di tempat, cukup untuk mengusik naluri bermalas-malasan.

5. Komitmen

Kalau ingin lebih serius, beritahu orang terdekat kalau Anda ingin memulai kebiasaan baru ini untuk 30 hari ke depan.

Dengan memberitahukan komitmen Anda ini dan bukannya menyimpan sendiri, Anda akan lebih terikat. Akuntabilitas mendorong Anda segera memulai dan tak nyaman untuk menunda.

Mulailah dengan versi termudah dari kebiasaan olahraga baru Anda. Jika Anda tidak pernah melakukan jogging dan ingin mulai membiasakannya, mulailah dengan berjalan beberapa menit saja. Lanjutkan keesokan hari.

Jangan terlalu menggebu-gebu di hari pertama dan berakhir seminggu tertatih-tatih akibat otot yang kram dan pegal.

6. Mulai Sekarang!

Buat semudah mungkin untuk memulai, dan persulit diri untuk menundanya

Jika tiba jadwalnya Anda untuk jogging, cukup ikat tali sepatu Anda, dan keluar dari pintu rumah. Simpel kan?

Saat Anda merasa udara cukup dingin dan ingin berbalik masuk, siapa tahu ada tetangga yang melihat Anda dan menanyakan aktivitas yang akan Anda lakukan. Saat itu terjadi, Anda tak punya pilihan menyelamatkan muka selain mulai berlari.

**

Demikian jurus anti malas jogging. Semoga memudahkan Anda memulai berolahraga besok pagi untuk terjaganya kesehatan. Selamat mencoba!

(foto: Rebecca Laflam -Flickr)