Cara Siasati Jika Paspor Hilang di Luar Negeri

Loading...

jika paspor hilang

Jika Anda memutuskan untuk bepergian atau traveling ke luar negeri, paspor merupakan salah satu dokumen paling penting yang harus Anda bawa dan jaga dengan baik karena itu merupakan identitas yang bisa diterima semua negara.

Namun, sayangnya kadang rencana liburan Anda tak selalu mulus. Misalnya, paspor Anda tertinggal di suatu tempat atau dompet Anda yang berisi uang dan dokumen penting dicopet. Lantas kita harus bagaimana jika hal tersebut benar-benar terjadi?

Simak terus artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan jika paspor Anda hilang ketika bepergian ke luar negeri.

1. Buat Perencanaan Sebelum Pergi.

Ada baiknya Anda menggandakan atau foto kopi dokumen-dokumen penting sebelum pergi.

Simpan salinannya di rumah dan beritahu teman atau keluarga di mana tempat Anda menyimpannya agar jika terjadi sesuatu, paling tidak Anda tak akan terlalu kesulitan untuk mengurusnya.

Jangan lupa juga untuk scan atau pindai dokumen tersebut serta foto terbaru Anda dan kirim hasilnya ke email Anda. Karena email Anda pasti bisa dibuka dimanapun Anda berada.

READ:  Bagaimana Agar Tidak Tersesat Tanpa Menggunakan Kompas?

2. Jaga Paspor Anda!

Jika kehilangan paspor, bukan hanya tanda pengenal Anda yang hilang, tapi juga Anda beresiko menjadi sasaran kejahatan yang memanfaatkan paspor Anda. Makanya, hanya tunjukkan paspor Anda pada pejabat yang berwenang.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa menggunakan aksesoris travel untuk membantu menjaga beberapa barang penting Anda.

Misalnya, perusahaan Magellan dan TravelSmith telah mengeluarkan beberapa produk belt atau ikat pinggang yang memungkinkan Anda menyimpan dokumen serta uang di sekitar pinggang, perut atau kaki sehingga Anda tak perlu menyimpannya di belakang kantong celana.

Untuk penjagaan ekstra ketat, saat ini bahkan sudah ada dompet hidro yang tahan air sehingga Anda tetap bisa menjaga dokumen dan uang meskipun Anda sedang berenang.

Jangan pernah meninggalkan paspor di kamar hotel atau tas yang akan dimasukkan ke dalam bagasi.

3. Segera Laporkan!

Jika Anda menyadari bahwa paspor Anda hilang, jangan panik! Segera laporkan pada polisi terdekat dan hubungi kedutaan atau konsulat. Biasanya Anda akan diminta untuk mengisi beberapa formulir.

READ:  Tips Traveling dengan Kapal Pesiar

Jelaskan dimana Anda terakhir kali meletakkan atau melihat paspor Anda tersebut, tempat apa yang terakhir kali Anda kunjungi dan dimana kira-kira Anda meninggalkan paspor Anda atau dicopet.

(foto: pacsafe.com)