Benarkah Memakai Bra Tidak Baik Bagi Kesehatan Wanita?

Loading...

manfaat bra

Selama ini perempuan telah disarankan untuk memakai bra ketika mereka mulai tumbuh besar agar payudara mereka tidak kendur.

Namun, baru-baru ini sebuah studi di Perancis mengatakan bahwa faktanya bra sama sekali tidak memberikan dampak positif bagi payudara dan menyarankan para wanita untuk tidak mengenakan bra. Kenapa?

Berikut uraiannya seperti yang dikutip dari Telegraph.

Adakah manfaat bra?

Profesor Jean-Denis Rouillon dari Besançon University menghabiskan 15 tahun mempelajari anatomi tubuh dari 330 wanita, sebelum memberikan kesimpulan radikal yang menyatakan bahwa mengenakan bra adalah sebuah “keharusan palsu”.

Beliau mengatakan bahwa “Secara medis, fisiologis, anatomis – payudara tidak mendapatkan manfaat dari ditolaknya gravitasi dengan cara mengenakan bra.”

Studi ini menemukan bahwa payudara yang lebih kencang dan tidak kendur pada wanita yang tidak memakai bra dan wanita tersebut tidak lebih mungkin dibandingkan orang lain untuk menderita sakit punggung.

Ilmuwan olahraga, yang telah meneliti subjek sejak tahun 1997, dengan menggunakan aturan slide dan caliper menemukan perbedaan 7mm di puncak dada. Dan wanita tanpa mengenakan bra adalah yang terbaik dalam melawan gravitasi.

READ:  Tipe Bra Sesuai Fungsi dan Bentuknya

Bra mengendurkan payudara?

Prof Rouillon mengatakan bahwa payudara menjadi “bergantung” pada dukungan bra sekali perempuan mulai memakainya.

Hal ini berarti bahwa bra mendukung otot di bawah payudara kemudian merusak payudara dan membuat payudara kendur lebih cepat.

Ia mengatakan hasil awalnya “hipotesis bahwa bra adalah ‘keharusan’ palsu yang telah divalidasi” tetapi dia tidak menyarankan wanita yang telah mengenakan bra selama bertahun-tahun untuk langsung melepaskannya.

Bra dan nyeri punggung

Beberapa perempuan yang mengambil bagian dalam percobaan, yang dilakukan di Hospitalier Universitaire (University Hospital) di Besançon, mengatakan berhenti memakai bra bahkan membantu meringankan sakit punggung yang mereka sering derita.

Penelitian di Inggris pada wanita pasca-menopause sebelumnya telah mengatakan bahwa mereka yang memakai bra lebih mungkin untuk menderita nyeri payudara.

Jadi, bagaimana pendapat Anda?