Tips Merawat Cat Mobil Tetap Kilap

Loading...

tips merawat cat mobil

Hal pertama diperhatikan dari sebuah mobil adalah tampilan luarnya. Ya, cat mobil bisa saja menentukan seperti apa pribadi Anda. Jadi jangan pernah meremehkan peranan cat mobil Anda.

Merawat cat mobil tidaklah susah. Cukup dengan membersihkan dan menjaga dari benda asing yang bisa merusak elemennya.

Untuk itu, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui bila menginginkan cat warna mobil Anda tetap kilap seperti baru.

1. Mengetahui jenis cat mobil

Wajib bagi Anda mengetahui semua jenis cat untuk mobil. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memahami bagaimana kondisi dari cat tersebut.

Bisa ditanyakan ke bengkel khusus cat mobil atau Anda bisa mencari referensi di internet. Khususnya untuk mobil Anda, jenis cat apa yang dipakai Anda harus tahu.

2. Rutin membersihkan mobil

Cat bukan hanya sebagai pewarna badan mobil Anda. Bukan hanya sebagai hiasan belaka. Cat juga berfungsi sebagai pelindung lapisan body mobil Anda. Khususnya dari karat yang merusak.

Jadi, jangan pernah malas membersihkan mobil. Bila perlu, lap cat mobil setiap pagi. Kotoran yang menempel terlalu lama adalah faktor utama penyebab kerusakan cat.

READ:  6 Hal Yang Perlu Diperhatikan agar Mobil Awet dan Lebih Terawat

3. Memilih spons pencuci mobil

Sewaktu membersihkan mobil, misalnya saat mencuci mobil. Tidak boleh sembarang peralatan mencuci yang dipakai. Pemilihan spons sangat penting. Bila tidak, maka goresan-goresan halus atau baret akan banyak bertebaran di sekitar cat mobil Anda.

Mau bukti, cobalah lihat pantulan titik cahaya di cat mobil Anda. Apakah ada banyak garis atau tidak. Banyaknya garis mengindikasikan kalau peralatan cat Anda buruk bagi kualitas cat mobil.

4. Gunakan shampo khusus

Kurang lengkap rasanya bila mencuci mobil hanya dengan air saja. Gunakanlah sampo khusus untuk mobil. Selain memiliki kandungan silicon untuk cat mobil, sampo mobil juga bisa membuat harum mobil meskipun tidak untuk waktu lama.

Tapi jangan keseringan menggunakan sampo sejenis ini. Kandungan silicon selain membuat kilap, tapi lama-lama cat bisa memudar oleh pengikisan.

5. Parkir di tempat terlindung

Ingatlah selalu bahwa di Indonesia adalah negara beriklim tropis. Seiring cuaca yang semakin tidak menentu, kadang terik lalu tiba-tiba hujan, penting bagi Anda untuk memberikan perlindungan ekstra.

READ:  3 Cara Hilangkan Embun di Bagian Headlamp

Parkirlah kendaraan Anda dimana tidak terkena matahari secara langsung dan dari hujan tiba-tiba. Bila mobil Anda terkena hujan, segera bilas dengan air.

Sebab hujan memiliki kandungan asam yang tinggi. Salah satu akibat dari hujan asam adalah cat mobil terkelupas.