5 Aplikasi Kamera Terpopuler di Ponsel Android

Loading...

APLIKASI FOTO ANDROID

Media sosial tak hanya digunakan untuk bertukar teks dalam berkomunikasi di antara penggunanya. Tak jarang gambar berupa foto turut dibagikan yang menjadikan media ini semakin interaktif.

Dengan populernya penggunaan Facebook dan Twitter yang memungkinkan hal tersebut, para pengguna Android dapat memanfaatkan kepraktisan fitur kamera pada gadget-nya untuk mengambil foto. Tanpa terlalu banyak membawa gadget yang lain, tablet atau ponsel pintar saja sudah mumpuni untuk mengambil foto berkualitas yang  bisa di-share.

Anda yang menginginkan modifikasi hasil  foto gadget Android dapat memanfaatkan aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Dengan aplikasi tersebut, setting foto Anda bisa diatur menjadi lebih bergaya, unik, sampai elegan.

Dengan banyaknya aplikasi kamera android yang tersedia, Anda tak perlu repot mencoba semuanya. Berdasarkan data dari Google Play per 1 Juni 2013,  berikut ini daftar lima aplikasi kamera terpopuler untuk Android yang bisa Anda coba:

1. Camera360 Ultimate

Dengan lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia, Camera360 merupakan  aplikasi kamera mobile terpopuler dunia.

Terlebih, Camera360 telah memperkenalkan Camera360 Cloud, sebuah platform aplikasi cloud yang membantu Anda me-manage, edit, menyimpan, dan berbagi foto dengan resolusi hingga 2000 pixel sekaligus.

Untuk fitur Camera360 Ultimate sendiri terdiri dari mode pengambilan foto yang meliputi: mode special effect, self-portrait, quick-shoot, funny, tilt-shift, color-shift , dan mode lainnya.

Special effect telah dikembangkan menggunakan perangkat pemroses gambar generasi ketiga milik pengembang, untuk menghasilkan efek lebih jernih dan berwarna yang bila dipadukan menjadi pengalaman fotografi yang menakjubkan.

READ:  5 Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk iPhone

Tersedia pula fitur Photo Montages yang membantu Anda menyusun gambar menjadi sebuah collage/susunan foto-foto dalam satu gambar.

2. PicsArt

PicsArt menawarkan antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan, sekilas nampak menyerupai tampilan Windows 8 dengan format tab kotak berwarna-warni. Fitur yang bisa dimanfaatkan melalui aplikasi ini meliputi beragam efek yang dapat diterapkan pada foto.

Terdapat pula editor foto yang memungkinkan beragam modifikasi, mask, collage, frame, sticker, efek teks, grafik clipart, callout, crop, rotate, dan penyesuaian warna.

Kemudian terdapat fitur unik seperti Magic Effects yang terdiri dari stenciler, cartoonizer, sketcher, Orton, Lomo, vintage, cross process, HDR, fattal, pencil, Holgaart, watercolor, kontur, komik, neon, gouache, efek kertas tua, pastel, red eye remover, Popart 2, smart blur, face fix, color splash, paper, dan banyak yang lainnya.

Efek gambar lain seperti draw, sticker mode, callout, brush artistik, dan style teks yang beragam juga patut dicoba.

Bahkan, jika ingin pengeditan lebih serius terdapat fungsionalitas tingkat lanjut yang meliputi layer serta kemudahan melakukan pengaturan ulang, penyembunyian, serta penggabungan layer. Aplikasi ini juga menyediakan fitur sharing jika Anda ingin membagi foto Anda.

3. Photo Art Studio

Photo Art Studio memudahkan pengguna Android untuk membuat kartu ucapan selamat, collage, dan lainnya. Anda bisa mengedit foto dengan menyesuaikan brightness yang meliputi kontras dan saturation, tint (hue dan lightness), balance (cyan, magenta, yellow), sampai yang sesederhana melakukan rotate ataupun crop.

READ:  5 Aplikasi Android Untuk Melejitkan Produktivitas Kerja

Tersedia pula pilihan frame dan filter yang beragam untuk memperindah foto jepretan Anda. Aplikasi ini cocok digunakan oleh pemula yang tak ingin terlalu repot dengan aplikasi yang rumit.

4. LINE camera

Ya, LINE juga punya aplikasi kamera. Cukup populer malah. Foto yang Anda jepret dapat menjadi lebih menarik dan lucu dengan adanya 100 lebih pilihan frame serta 700 lebih stamp LINE yang terkenal untuk ditambahkan ke foto Anda.

Aplikasi ini telah diinstal oleh lebih dari 30 juta pengguna dari 210 negara, bahkan merajai kategori app kamera di 17 negara meliputi Spanyol, Jepang, Thailand, Taiwan, Hong Kong, Singapura, Islandia, Latvia, Estonia, Siprus, Luksemburg, Nikaragua, Kenya, Ghana, Pantai Gading, Kamerun, dan Senegal.

Selain stamp dengan karakter populer andalannya, terdapat pula  fitur lain seperti timer, 20 macam filter unik, 186 brush, serta desain stamp menggunakan brush dan teks.

5. Cymera

Cymera termasuk aplikasi android yang ramah bagi pemula untuk menyusun collage atau susunan foto dengan berbagai macam frame, dimana tersedia beragam mode lensa dan pemotretan, filter, serta beauty effect yang memanfaatkan teknologi pendeteksi wajah.

Untuk fitur kamera terdapat 7 mode lensa yang terinspirasi kamera DSLR, serta mode pemotretan seperti Out of Focus, Anti-Shake, Timer, Self-Portrait, Touch Shots, dan mode lainnya yang memperkaya variasi berfoto Anda. Kemudian ada pilihan filter dengan 20 macam efek yang menampilkan emosi berbeda terhadap foto Anda. Intensitas dan cahaya juga dapat diatur secara individu.

READ:  5 Aplikasi Ipad Yang Harus Dimiliki

Sementara untuk Beautifying Effects, Anda bisa memanfaatkan mode Big Eyes, Smile, Slim Face, Clear Spots, Liquify, Brighten dan pilihan mode lainnya untuk mendapatkan potret terbaik. Teknologi deteksi wajah pada fitur ini termasuk salah satu keunggulan Cymera.

Ada lagi fitur pembuatan collage yang beragam baik fix ataupun freestyle. Selain itu terdapat 800 lebih pilihan dekorasi seperti stiker, comic masks, frame, dan fungsi brush dengan berbagai warna, garis, pola, dan bentuk yang menjadikan foto Anda terdekorasi dengan unik.

***

Demikian 5 aplikasi kamera terpopuler di Android Google Play. Selamat berburu aplikasi yang cocok dengan kebutuhan Anda dan selamat berfoto-ria!

(foto: Siddharta Thota – Flickr.com)