7 Manfaat Serbaguna Minyak Zaitun

Loading...

manfaat minyak zaitunMinyak zaitun

Minyak zaitun telah lama diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Sebagai bahan makanan, ia mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dalam konsentrasi tinggi, yang menurut penelitian mempromosikan kolesterol “baik” (HDL) sekaligus menurunkan kolesterol “jahat” (LDL).

Minyak zaitun juga dikenal baik bagi sistem pencernaan, dan bahkan dapat membantu mencegah batu empedu dan menenangkan bisul. Minyak zaitun berkualitas baik mengandung vitamin dan nutrisi berarti, dan sarat dengan antioksidan, yang banyak orang percaya membantu melindungi tubuh dari kanker.

Namun ternyata bukan itu saja! Temukan manfaat minyak zaitun dalam perawatan pribadi, perbaikan rumah, pembersih ‘hijau’, solusi alami dan lainnya melalui artikel berikut, dilansir dari thedailygreen.com.

1. Mendapatkan kulit sehat (dan melawan kanker!)

Banyak orang telah menggunakan minyak zaitun selama berabad-abad untuk perawatan pribadi. Ia merupakan pelembab kulit yang sangat baik, sebagian karena mengandung asam linoleat, suatu senyawa yang tidak dibuat oleh tubuh, tetapi mencegah air dari penguapan.

Menurut Leslie Baumann, MD, penulis The Skin Type Solution, mengkonsumsi buah dan minyak zaitun dapat mempromosikan kulit yang sehat, seperti dengan menerapkannya secara langsung sebagai pelembab. Anda juga dapat menambahkan sedikit minyak zaitun untuk mandi air hangat.

READ:  Cara Mudah Mendapatkan Nasi Merah yang Pulen

Beberapa berita yang paling menarik, menurut Baumann, adalah bahwa minyak zaitun juga mengandung setidaknya empat antioksidan yang berbeda, yang dapat membantu “menetralkan radikal bebas yang merusak yang dapat menyebabkan penuaan kulit dan kanker kulit.”

Selain itu, minyak zaitun dapat memberikan pelumas yang aman dan alami untuk bercukur. Minyak zaitun juga dapat menenangkan bibir pecah-pecah.

Buat balm Anda sendiri dengan mencampur minyak zaitun dan beeswax dalam rasio 1:1 (tambahkan minyak esensial jika Anda ingin aroma yang wangi).

Anda dapat melembabkan kutikula Anda dengan merendamnya dalam minyak zaitun yang dicampur dengan air, atau oleskan minyak zaitun langsung ke kutikula kuku sebelum menerapkan cat.

2. Menjadikan rambut mudah diatur

Minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk rambut. Ia dapat membantu merawat rambut rusak.

Dalam buku Clean Body, Zen Cleaner-nya, Michael de Jong menyarankan mengobati rambut dengan menerapkan beberapa sendok minyak zaitun ke kulit kepala dan rambut.

3. Merawat kucing

Menurut curbly.com, dengan menambahkan satu sendok teh minyak zaitun pada makanan kucing akan membantu mencegah hairballs, serta mempromosikan lapisan yang sehat dan berkilau.

READ:  Perawatan Tubuh Dengan Minyak Zaitun

4. Mengurangi dengkuran

Menurut AltUse, menyesap minyak zaitun sebelum ke tempat tidur dapat membantu melumasi otot tenggorokan Anda, mengurangi dengkuran.

Yang lain telah mencatat bahwa menenggak satu sendok teh minyak zaitun dapat membantu menenangkan tenggorokan gatal.

5. Memoles furniture dan logam

Perak, tembaga dan barang-barang logam lainnya bisa dipoles dengan saus tomat atau pasta gigi. Setelah selesai, gosok dengan sedikit minyak zaitun untuk mencegah goresan, korosi dan noda.

Menurut Michael de Jong, untuk memoles meja, gunakan dua bagian minyak zaitun dicampur dengan satu bagian air jeruk lemon.

6. Memperbaiki pintu yang berderit

Minyak zaitun sebenarnya dapat digunakan sebagai pelumas dalam berbagai aplikasi. Ia aman disimpan di sekitar rumah, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang anak-anak atau hewan peliharaan.

Cobalah gunakan pada pintu berderit, engsel dan di mana pun saat Anda mungkin mempertimbangkan menggunakan pelumas. Selain itu, minyak zaitun juga dapat digunakan pada resleting yang bermasalah.

7. Menyembuhkan sakit telinga

Beberapa orang menggunakan minyak zaitun sebagai obat alami untuk sakit telinga. Gunakan kapas dan terapkan pada rongga telinga luar dengan hati-hati.

READ:  7 Manfaat Mengonsumsi Tomat Bagi Tubuh

Pengguna lain menyarankan: memanaskan minyak zaitun dalam microwave selama 30 detik kemudian menerapkannya pada telinga yang sakit.

(foto: oliveoilexcellence.com)