Tips Atasi Rambut Rontok Sejak Dini

Loading...

mengatasi rambut rontokMengatasi Rambut Rontok

Secara ilmiah, rambut rontok sekitar 80- 100 helai, ini masih dalam batas wajar. Umumnya, rambut rontok karena masanya untuk gugur, dan rambut baru pun akan tubuh. Ini salah satu siklus pertumbuhan rambut normal.

Tetapi, bila terjadi kerontokan rambut secara berlebih, maka Anda harus waspada. Anda bisa mengalami penipisan rambut, bahkan terjadi kebotakan.

Sebagian orang yang telah mengalami hal serupa, akan melakukan perawatan ekstra, misalnya dengan menggunakan produk atau perawatan di salon, dan tidak menutup kemungkinan mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Jika hal ini terjadi, apa yang Anda lakukan? Sebaiknya, Anda menggunakan produk alami untuk menghentikan kerontokan rambut.

Berikut ini, beberapa tips mencegah rambut rontok berlebih yang bisa Anda lakukan di rumah, dilansir dari articles.timesofindia.indiatimes.com:

1. Perawatan dengan minyak hangat

Anda bisa menggunakan minyak alami, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Hangatkan minyak, usapkan, lalu pijat dengan lembut ke kepala Anda.

Tutup rambut dengan shower cap, biarkan selama satu jam. Setelah itu shampo rambut Anda hingga bersih. Minyak hangat ini dapat membuat rambut Anda semakin kuat.

2. Jus alami

Anda dapat menggosok kulit kepala Anda dengan menggunakan jus bawang putih atau jus jahe. Biarkan semalaman di kulit kepala Anda, dan bilas hingga bersih secara menyeluruh di pagi hari.

Kandungan yang terdapat pada bawang putih dan jahe mampu mengatasi rambut rontok.

3. Pijat kepala secara rutin

Memijat kulit kepala Anda selama beberapa menit setiap hari akan membantu merangsang sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik di kulit kepala membuat folikel rambut yang aktif.

Sirkulasi dapat ditingkatkan melalui pijat dengan menggunakan beberapa tetes minyak esensial lavender, almond atau minyak wijen.

4. Antioksidan

Terapkan penggunaan teh hijau (dua kantong diseduh dalam satu cangkir air) pada kulit kepala Anda. Biarkan selama satu jam, kemudian bilas.

Teh hijau mengandung antioksidan yang mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Berlatih meditasi

Percaya atau tidak, sebagian besar akar penyebab rambut rontok adalah stress dan ketegangan. Meditasi dapat membuat pikiran Anda fresh dan mengembalikan keseimbangan hormonal.

**

Demikianlah 5 tips atasi rambut rontok sejak dini. Tips ini sangat mudah dilakukan bukan? Terapkan secara rutin untuk membantu Anda dalam mencegah dan atau mengatasi kerontokan rambut. Selamat mencoba.

(Photo: hairlossgeeks.com)

READ:  5 Alasan Mengapa Cokelat Hitam Baik Dikonsumsi