5 Tips Melawan Alergi Dingin

Loading...

alergi dinginAlergi dingin

Gejala Alergi Dingin

Bagi sebagian orang, terlalu lama terpapar udara dingin tubuh akan mengalami perubahan seperti mudah terserang flu, bersin ataupun mimisan.

Gejala lain yang timbul akibat alergi dingin yakni berupa gatal – gatal.  Gatal – gatal timbul akibat kulit cenderung menjadi kering pada udara dingin sehingga kelembapannya berkurang.

Gejala gatal – gatal tersebut ditandai dengan kulit yang berubah menjadi warna merah, timbul bentol – bentol serta bengkak.

Tips Mengatasi Alergi Dingin

Untuk mengatasi alergi dingin ketika musim hujan atau ketika sedang berada di daerah yang bersuhu dingin, simak beberapa tips berikut ini.

1. Oleskan bedak dingin atau lotion yang mengandung zat anti histamine atau calamine jika timbul rasa gatal akibat udara dingin.

2. Jika anda berada pada ruangan atau tempat yang bersuhu rendah, pakailah pakaian hangat atau jaket agar tubuh tetap hangat sehingga tidak mudah terserang alergi dingin.

3. Sebaiknya hindari kontak langsung dengan air dingin atau udara malam. Mandilah dengan air hangat agar alergi dingin tersebut cepat mereda.

READ:  Solusi Alami Mengatasi Mata Belekan pada Bayi

4. Minumlah minuman hangat seperti wedang jahe untuk menghangatkan tubuh agar tidak mudah terserang alergi dingin.

5. Jika alergi dingin tersebut bertambah parah seperti menimbulkan asma yang akut, segeralah ke dokter untuk penangan lebih lanjut.

**

Demikianlah 5 tips melawan alergi dingin. Jangan lupa untuk selalu menyediakan jaket dan pakaian hangat jika akan bepergian ke daerah dengan cuaca yang cukup dingin. Bila perlu, bawalah kaos kaki dan sarung tangan. Tidak ada salahnya berjaga-jaga bukan?

 (foto: dokita.co)